Ngabuburit Asyik dan Gratis Menyusuri Palestine Walk di Kawasan Alun-alun Kota Bandung

"Di sini kita bisa enak-enak menjalankan ibadah puasa, tapi di Palestina siapa yang tahu, banyak yang menderita"

Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Palestine Walk di kawasan Alun-alun Kota Bandung 

MOMEN Ramadan memang banyak menyisakan momen mengasyikan dan berkesan. Salah satunya adalah kebiasaan ngabuburit yakni kegiatan menunggu sore atau azan Maghrib, yang dilakukan biasanya setelah salat Ashar atau mulai pukul 15.00.

Bicara soal ngabuburit, terdapat banyak spot asyik dan menarik di Kota Bandung yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat kongkow, mejeng, atau sekedar jalan-jalan sore sambil berfoto ria bersama keuarga, rekan, kerabat, atau sahabat. Salah satu spot menarik adalah di kawasan jantung kota, Asia Afrika.

Selain terdapat aneka titik menarik untuk berfoto seperti di sekitar Gedung Merdeka, Hotel Homann, Jalan Braga, di sini juga terdapat sebuah spot menarik yang yang tak dapat terpisahkan yaitu Palestine Walk.

Palestine Walk di kawasan Alun-alun Kota Bandung
Palestine Walk di kawasan Alun-alun Kota Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Palestine Walk adalah sebuah tempat atau fasilitas berjalan kaki yang ditujukan bagi orang-orang yang melintas di Jalan Alun-alun Timur Kota Bandung persis di depan Masjid Raya Provinsi Jawa Barat dan depan lahan eks Palaguna dan Gedung Miramar. 

Baca juga: Nikmatnya Ngabuburit Sambil Berkeliling Kota Bandung Pakai Bus Bandros

Palestine Walk memiliki panjang sekitar 100 meter yang membentang dari utara ke selatan dimana di bagian utara spot ini terdapat Tugu Asia Afrika yang juga menjadi spot  untuk  berfoto ria.

Menurut salah seorang pengunjung yang berfoto di Palestine Walk, Shetty Hamidah (30), ngabuburit di Palestine Walk bukan sekedar menunggu datangnya azan Magrib dan berbuka.

Palestine Walk di dekat Jalan Asia Afrika, Alun-alun Kota Bandung
Palestine Walk di dekat Jalan Asia Afrika, Alun-alun Kota Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

"Ini menjadi momen bagi kita untuk mengingat penderitaan rakyat Palestina. Di sini kita bisa enak-enak menjalankan ibadah puasa, tapi di Palestina siapa yang tahu, banyak yang menderita dan berada dalam tekanan bangsa Israel saat mereka berpuasa," ujar warga Jalan Sasak Gantung, Kota Bandung.

Baca juga: Paduan Apik Karya Seni dan Keindahan Alam di Kesejukan Lawangwangi Dago Giri

Namun selain itu, Shetty mengatakan bahwa jalan-jalan ngabuburit di Palestine Walk memang memberikan kepuasan tersendiri. Selain tempatnya asyik buat spot foto untuk diunggah di media sosial pribadi, juga nyaman sebagai destinasi wisata jalan kaki.

"Yah pokoknya mah memang enak jalan-jalan di sini mah, kalau sore gini adem," katanya.

Palestine Walk di Kota Bandung
Palestine Walk di Kota Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Pengunjung lain, Ahmad Wirahadi (35), menyebutkan,  ia sengaja datang dari jauh, Antapani, sengaja hanya untuk berfoto di sekitar tugu Asia Afrika dan Palestine Walk.

Baca juga: Bersantai di Tiga Air Terjun Indah di Kota Bandung, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan Bareng Keluarga

"Sering sih kemari, foto-foto, jalan-jalan, sekarang ngabuburit juga ke sini, murah meriah," katanya.

Sebagai tambahan informasi, Palestine Walk diresmikan Wali Kota Bandung, Oded M Danial bersama Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina, Dr Riad Malki pada Oktober 2018. 

Palestine Walk di sekitar Alun-alun Kota Bandung
Palestine Walk di sekitar Alun-alun Kota Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Palestine Walk diresmikan dalam rangkaian Indonesian Solidarity Week for Palestine yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri RI, pada 13-17 Oktober 2018. Acara ini menjadi wujud ungkapan solidaritas Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina. (tribunjabar/kemal setia permana)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved