Paduan Apik Karya Seni dan Keindahan Alam di Kesejukan Lawangwangi Dago Giri

“Kreativitas seorang seniman perlu dijaga dengan asupan konten dan pengalaman segar".

Tribun Jabar/Shania Septiana
Instalasi seni outdoor di Lawangwangi Creative Space, Dago Giri, Kabupaten Bandung Barat 

KOTA Bandung memang gudangnya orang-orang kreatif yang membuat kita mudah menemukan lokasi yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya art space dan beberapa galeri seni yang bisa kita kunjungi sebagai alternatif tempat wisata.

Satu di antaranya adalah Lawangwangi Creative Space, Jalan Dago Giri No. 99, Kabupaten Bandung Barat. Lawangwangi merupakan sebuah galeri seni dengan konsep retro modern.

instalasi seni di Lawangawangi Creative Space, Jalan Dago Giri, Kabupaten Bandung Barat
instalasi seni di Lawangawangi Creative Space, Jalan Dago Giri, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Berdiri sejak tahun 2010, Lawangwangi Creative Space memberikan tampilan lain yang menampilkan karya-karya perupa modern maupun kontemporer Indonesia. Memadukan keindahan alam dan cita rasa kuliner.

Berada di ketinggian Bandung utara, kita bakal merasakan sensasi menikmati suasana alam yang indah sekaligus karya seni di art space satu ini.

Pertama datang ke art space ini, kita bakal disambut oleh sembilan buah patung yang menyimbolkan proses transformasi seorang manusia. Karya tersebut berjudul ‘Ia Ada dengan Ketiadaannya’, merupakan kreasi Amrizal Salayan yang terbuat dari aluminum dan terlihat mencolok.

instalasi seni di Lawangawangi Creative Space, Jalan Dago Giri, Kabupaten Bandung Barat
instalasi seni di Lawangawangi Creative Space, Jalan Dago Giri, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Hampir setiap bulan, Lawangwangi Creative Space bakal menyajikan art exhibition yang menampilan sejumlah karya para seniman.

Salah satu seniman yang pernah memamerkan hasil karyanya di Lawangwangi Creative Space adalah Etza Meisyara. Pameran tunggal yang dia selenggarakan bertujuan untuk menjaga kreativitas seniman.

Baca juga: Rumah Antigravitasi Khas Indonesia Favorit Pengunjung di Objek Wisata Kawasan Dago Atas

“Kreativitas seorang seniman perlu dijaga dengan asupan konten dan pengalaman segar. Untuk menghindari kebuntuan artistik, sebagian seniman memilih untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang mengasingkan dirinya," ucap Etza.

Terbuka untuk umum dan tidak ada tarif jika ingin berkunjung, kita bisa menjadikan Lawangwangi Creative Space sebagai tempat untuk menikmati karya seni para seniman baik yang berasal dari Bandung maupun luar Bandung.

Lawangwangi Creative Space di Jalan Dago Giri No 99, Kabupaten Bandung Barat
Lawangwangi Creative Space di Jalan Dago Giri No 99, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Meski di tengah pendemi, pengunjung masih terlihat ramai. Salah satunya Ranti Rahmawati, mahasiswa seni rupa salah satu universitas di Kota Bandung sangat senang berkunjung ke Lawangwangi Creative Space.

"Aku anak seni rupa, setidaknya sudah tiga kali ke seni, tiga instalasi yang beda. Bisa jadi referensi aku meskipun aku gak ngerti sama maksudnya tapi aku cukup menikmati. Ditambah gratis juga,” ucapnya.

Tak hanya Ranti, ada juga Awliya El yang pertama kali mengikuti Lawangwangi Creative Space.

Baca juga: Perjalanan Penuh Makna di Sudut Cerita, Tempat Wisata Unik Dibalut Seni Kreatif

"Aku suka desain visual. Jadi aku ke sini untuk pertama kalinya. Keren banget, bisa jadi referensi. Aku tunggu instalasi selanjutnya," ujar Awliya.

Dengan paduan konsep galeri seni, kafe, dan panorama memukau, sepertinya tak ada alasan bagi kita untuk tak menjadikan Lawangwangi Creative Space sebagai pilihan tempat hangout di Bandung. Buka setiap hari pukul 10.00 sampai 22.00.

Area Oudoor Paling Favorit

LAWANGWANGI Creative Space juga memiliki kafe di lantai dua. Kafenya ada bagian indoor dan outdoor. Pastikan kita telah booking tempat dahulu sebelum ke sini apabila ingin makan di outdoor-nya khususnya saat weekend. Pasalnya, view paling bagus ya ada di outdoor ini dan sering sekali full booked.

Instalasi seni di Lawangwangi Creative Space, Jalan Dago Giri 99, Kabupaten Bandung Barat
Instalasi seni di Lawangwangi Creative Space, Jalan Dago Giri 99, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Menikmati makan di area outdoor, minimum pesanan per orang adalah Rp 25.000, sedangkan di bagian indoor, pesanannya bebas.

Pada siang hari jika cuaca panas tidak disarankan makan di area outdoor, karena panasnya luar biasa.

Baca juga: Menyantap Aneka Hidangan Lezat Sambil Menikmati Seni dari Para Perajin

Pengunjung bisa bebas mengunjungi dek buat menikmati pemandangan bukit Dago dan boleh berfoto. Jika berfoto usahakan tidak membuat pengunjung lainnya menunggu untuk bergiliran. (tribunjabar/shania septiana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved