Berkunjung ke Sanghyang Dora, Raja Ampat-nya Kabupaten Majalengka

Eksotisme panorama yang dianugerahkan pada Bukit Sanghyang Dora mampu membuat pengunjung terkesima

Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Pemandangan dari Bukit Sanghyang Dora, Majalengka, yang mirip di Raja Ampat, Papua. 

BUKIT Sanghyang Dora di Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, memiliki daya tarik sendiri sebagai objek wisata. Pemandangannya luar biasa. Tak kalah dengan Raja Ampat.

Jika Raja Ampat di Papua menyuguhkan bentangan pemandangan alam eksotis berupa gugusan pulau hijau di atas birunya laut, Bukit Sanghyang Dora memiliki pemandangan bukit-bukit di atas panorama perkotaan.

Kabut tipis yang kerap muncul di antara bukit-bukit memberikan kesan syahdu. Eksotisme panorama yang dianugerahkan pada Bukit Sanghyang Dora mampu membuat pengunjung terkesima.

Pemandangan dari Bukit Sanghyang Dora, Majalengka, yang mirip di Raja Ampat, Papua.
Pemandangan dari Bukit Sanghyang Dora, Majalengka, yang mirip di Raja Ampat, Papua. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Suasana alam perbukitan yang masih asri dan hijau membuat siapapun yang berkunjung merasa damai. Gunung Ciremai yang tampak di antara gugusan bukit ini juga semakin mempercantik pemandangan alam di sana.

Tak hanya itu, saat malam tiba, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam perbukitan yang berpadu dengan kelap-kelip lampu khas perkotaan.

Baca juga: Bubur Sura Hanya Ada di Bulan Muharram, Tradisi Warga Desa Bantarwaru, Majalengka

Di musim kemarau, pemandangan malam hari semakin cantik saat bulan purnama. Pucuk-pucuk bukit seperti bersinar, di antara hamparan citylight yang mengelilinginya.

"Itu sebabnya, Sanghyang Dora sering juga disebut Raja Ampat-nya Majalengka," ujar Sukarna (43), pengelola Sanghyang Dora, saat ditemui di Bukit Sanghyang Dora, Senin (26/12) sore.

Baca juga: Asyik Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Majalengka Bertambah Satu Lagi, Namanya Jalur Sadarehe

Julukan Raja Ampat ini, ujar Sukarna, datang dari pengunjung itu sendiri. "Itu sekitar tiga tahun lalu. Penyebutan itu tidak sengaja karena banyaknya pengunjung yang berfoto dengan background bukit-bukit itu, sehingga banyak yang bilang mirip seperti di Raja Ampat," ujar Suarna, yang juga akrab disapa Otang ini.

Sanghyang Dora, ujarnya, termasuk tipe wisata campground. "Wisata diawali dengan perjalanan dulu, pendakian. Waktunya sekitar satu jam setengah, mulai basecamp sampai ke puncak," ujarnya.

Baca juga: Mencoba Pengalaman Berkuda yang Aman Menyenangkan Saat Liburan, Datang ke Istana Stable Majalengka

Titik tertinggi Sanghyang Dora berada di ketinggian 396 meter di atas permukaan laut. "Dari basecamp, wisatawan harus melewati lima pos.

Pos pertama berada ada Bukit Enjoy, pos dua di Bukit Kayas, pos tiga di Bukit Karapyak, pos empat berada di Bukit Panangisan, dan pos lima di Bukit Lebak Lutung," papar Otang.

Baca juga: Sajikan Pemandangan Sabana, Jalur Pendakian Baru Gunung Ciremai via Majalengka Diminati

Otang mengatakan, para pendaki cukup mengeluarkan uang Rp 10 ribu untuk masuk ke tempat wisata alam ini. Namun, jika akhir pekan, harganya naik menjadi Rp 15 ribu.

Di titik awal wisata, pengunjung dapat menikmati spot-spot foto yang telah disediakan oleh pengelola.

Pemandangan dari Bukit Sanghyang Dora, Majalengka, yang mirip di Raja Ampat, Papua.
Pemandangan dari Bukit Sanghyang Dora, Majalengka, yang mirip di Raja Ampat, Papua. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

"Di bawah ada camp ground, cuma itu lebih condong ke family gathering. Ada MCK juga, lapangan kemping, spot-spot foto, musala maupun lainnya. Di atas juga ada toilet juga," ujarnya.

Baca juga: Pengelola Objek Wisata Bukit Sanghyang Dora Majalengka Kibarkan Bendera Putih Sebagai Tanda Frustasi

Ia mengatakan, sepeda motor dan mobil bisa masuk sampai ke basecamp.

"Untuk kenyamanan, kami juga tetap memberlakukan protokol kesehatan. Pengunjung yang ingin kemping di atas harus memperhatikan safety pendakian," ujarnya. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved