Situ Bagendit Garut Terus Disiapkan untuk Menjadi Objek Wisata Kelas Dunia

"Untuk menjadikan Situ Bagendit menjadi wisata kelas dunia  harus serius salah satunya dengan menjaga kebersihan

Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari
Pemandangan Situ Bagendit di malam hari. Situ Bagendit tengah dipersiapkan menjadi wisata yang memiliki kelas dunia. 

SITU Bagendit kini sudah bersolek, wajah baru mulai ditampilkan setelah rampung direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten Garut pada awal 2022.

Setelah direnovasi, sejumlah fasilitas di Situ Bagendit kian lengkap, spot-spot selfie nan fotogenik tersebar di setiap sudutnya.

Situ Bagendit  tengah disiapkan oleh pemerintah untuk menjadi wisata kelas dunia, sejumlah tokoh mulai dari presiden hingga menteri dan gubernur pernah singgah di tempat ini.

Jajaran Polda Jabar bersama Pemkab Garut menebar 7,6 juta benih ikan di kawasan Situ Bagendit, Kabupaten Garut, akhir Juni 2022
Jajaran Polda Jabar bersama Pemkab Garut menebar 7,6 juta benih ikan di kawasan Situ Bagendit, Kabupaten Garut, akhir Juni 2022 (Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari)

Kedatangan Presiden Joko Widodo itu ternyata membawa berkah karena pemerintah pusat langsung menggelontorkan anggaran untuk revitalisasi untuk menjadikannya sebagai wisata kelas dunia.

Setelah rampung awal 2022, terdapat sejumlah fasilitas baru seperti jalur untuk pejalan kaki yang bersentuhan langsung dengan danau.

Baca juga: Bupati Garut Akan ke Italia, Pamerkan Produk Kulit dari Sukaregang di Milan, Kerja Sama dengan Gucci

Bupati Garut Rudy Gunawan dalam beberapa kesempatan sudah sering menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus berupaya mendongkrak kunjungan wisata ke Garut, salah satunya ke Situ Bagendit.

"Untuk menjadikan Situ Bagendit menjadi wisata kelas dunia  harus serius salah satunya dengan menjaga kebersihan dan pengelolaan yang profesional," ujarnya kepada Tribunjabar.id beberapa waktu lalu.

Baca juga: Potensi Wisata Garut Selatan Menjanjikan, Panjang Pantai yang Indah dari Cianjur ke Tasik 75 Km

Saat ini pihaknya tengah menunggu Situ Bagendit diserahkan asetnya oleh pemerintah pusat ke Pemkab Garut.

Menurut Rudy Gunawan selama ini Pemkab Garut masih menunggu penyerahan tersebut karena hibah dengan nilai lebih Rp 50 miliar wajib mendapatkan persetujuan presiden.

Baca juga: Garut Pernah Disebut Tempat Terindah oleh Charlie Chaplin, Sandiaga Uno Minta Julukan Itu Dijaga

"Saat ini Pemkab hanya menerima surat dari Kementerian PUPR untuk penggunaan sementara," ucapnya.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman sebut pengelolaan wisata Situ Bagendit harus dikelola oleh pihak ketiga jika ingin menjadi wisata kelas dunia.

Situ Bagendit Garut
Situ Bagendit Garut (Tribun Jabar/Firman Wijaksana)

Hal tersebut diungkapkannya setelah pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Jumat (29/7/2022) siang.

"Kami sampaikan ke Pak Gubernur, sebagaimana dari awal kita menginginkan wisata kelas dunia, kelas dunia itu pengelolaannya harus profesional," ujarnya kepada Tribunjabar.id.

Baca juga: Berwisata ke Taman Satwa Cikembulan Garut, Bisa Bayar Parkir Sambil Bangun Pondok Quran

Ia menuturkan jika ingin menjadikan Situ Bagendit sebagai wisata dunia, maka harus melibatkan pihak ketiga sehingga pengelolaannya lebih profesional.

Ditambah menurutnya Situ Bagendit memerlukan dana investasi yang cukup besar, salah satunya infrastruktur pendukung dengan nilai Rp 30 miliar.

Baca juga: Masjid Bergaya Eropa di Garut Ini Menjadi Saksi Perlawanan Rakyat Terhadap Pemberontak DI/TII

"Belum lagi untuk sarana dan prasarana yang harus dipenuhi di Situ Bagendit itu lebih daripada 100 miliar, jadi ini membutuhkan dana yang cukup besar untuk pengembangan sehingga menjadi wisata kelas dunia," ucapnya.

Ia menjelaskan Pemkab Garut nantinya hanya mengurus hal-hal yang bersifat pelayanan dasar saja, seperti regulasi, pengayoman dan pengamanan.

Sampah yang mengotori Situ Bagendit, Garut, objek wisata yang baru selesai direvitalisasi pascalebaran 2022
Sampah yang mengotori Situ Bagendit, Garut, objek wisata yang baru selesai direvitalisasi pascalebaran 2022 (dok Warga Bagendit)

Helmi menuturkan Meskipun nantinya dikelola oleh pihak ketiga, Helmi menyebut pengusaha lokal pun diharapkan bisa ikut terlibat.

Baca juga: Wakil Bupati Ingin Situ Bagendit Dikelola Pihak Ketiga Agar Menjadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

"Ya harus ya, pengusaha lokal kan banyak, ada pengelola rumah makan dan lain-lain, nanti bisa kerjasama," ujarnya. (Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved