Mencoba Pengalaman Berkuda yang Aman Menyenangkan Saat Liburan, Datang ke Istana Stable Majalengka

Menurut Riki Supriatna, kuda-kuda tersebut adalah koleksi pribadinya. Tak heran, jika setiap kandang terdapat nama dari masing-masing kuda

Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Seorang anak menunggang kuda didampingi penjaga berpengalaman di Istana Stable, Jalan Raya Cikebo, Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. 

LIBURAN ke Majalengka, jangan lupa mampir ke Istana Stable, di Jalan Raya Cikebo, Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.

Dari pusat kota Majalengka, Istana Stable berjarak 14 kilometer. Jarak tersebut dapat ditempuh kurang lebih a 26 menit berkendara motor.

Istana Stable menawarkan konsep wisata berkuda yang sangat menarik. Di sini, pengunjung bisa mencoba pengalaman berkuda dengan aman dan menyenangkan.

Anak-anak melihat istal kuda di Istana Stable, Jalan Raya Cikebo, Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.
Anak-anak melihat istal kuda di Istana Stable, Jalan Raya Cikebo, Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Pemilik Istana Stable, Riki Supriatna (32), mengatakan, kuda-kuda di sini memiliki kualitas sangat baik. Bahkan, satu di antaranya didatangkan langsung dari luar negeri.

"Kami siapkan delapan ekor kuda di sini, satu di antaranya bernama Doris asal Jerman," ujar Riki kepada Tribun, Sabtu (3/9/2022).

Baca juga: Asyik Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Majalengka Bertambah Satu Lagi, Namanya Jalur Sadarehe

Menurutnya, kuda-kuda tersebut juga sudah dilatih untuk aktivitas wisata berkuda bagi segala usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selama berkuda pun, pengunjung akan selalu didampingi oleh petugas. Jadi tak perlu khawatir, keamanan dan kenyamanan pengunjung jelas terjaga.

Baca juga: Tiga tempat Wisata di Majalengka Ini Cocok Menjadi Destinasi untuk Libur Akhir Pekan

"Awalnya tidak ada kepikiran untuk dibuka untuk umum awalnya. Tapi ketika saya berlatih kuda, banyak masyarakat yang bertanya apakah disewakan atau dibuka untuk umum, nah dari situ saya langsung berpikir kami buka untuk umum. Alhamdulillah, kemarin langsung oleh Bupati Majalengka, Istana Stable resmi dibuka," kata Riki Supriatna.

Menurut Riki Supriatna, kuda-kuda tersebut adalah koleksi pribadinya. Tak heran, jika setiap kandang terdapat nama dari masing-masing kuda.

Fasilitas kebun binatang mini di Istana Stable, Jalan Raya Cikebo, Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.
Fasilitas kebun binatang mini di Istana Stable, Jalan Raya Cikebo, Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Selain berkuda, Istana Stable juga memiliki fasilitas kafe yang menawarkan beragam menu, mulai masakan Nusantara, minuman segar dan masih banyak lagi.

Uniknya, kafe tersebut berada tepat di atas kandang kuda. Dari kafe, pengunjung dapat bersantap sembari menikmati suasana berkuda di bawah yang sejuk dan dipenuhi pepohonan.

Tak hanya itu, Istana Stable juga menyediakan arena kebun binatang mini zoo.Pengunjung dapat menikmati berbagai macam satwa, mulai dari ayam, kura-kura, burung maupun kuda ukuran kecil itu sendiri.

Baca juga: Tempat Wisata untuk Belajar Berkuda dan Memanah Sesuai Syariat Islam, Tersedia Juga Tempat Kamping

Istana Stable juga bisa menjadi lokasi yang pas bagi pasangan yang hendak prawedding. Di sana, pengelola menawarkan paket prawedding untuk menjadi ala-ala koboy.

"Kami buka paket prawedding di harga minimal Rp 750 ribu hingga Rp 2 juta. Yang paling murah itu untuk satu kuda, kalau dua bisa sampai Rp 1 juta. Paket itu minus hanya fotografer, kami hanya menyediakan lokasi dan kuda," kata pria asal Kabupaten Kuningan itu.

Fasilitas kebun binatang mini di Istana Stable, Jalan Raya Cikebo, Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.
Fasilitas kebun binatang mini di Istana Stable, Jalan Raya Cikebo, Desa Tegalsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Untuk menikmati keseruan berkuda di Istana Stable, pengunjung wajib membeli tiket sesuai paket yang diinginkan. Harga tiket sekali putaran berkuda dikenakan biaya Rp 25 ribu weekend dan Rp 15 ribu weekday.

Baca juga: Promosikan Wisata Cianjur, 121 Penunggang Kuda Jajal Trek 20 Km Lewati Perkebunan Cokelat dan Sawit

Jika ingin lebih lama, pengunjung juga bisa memilih durasi waktu berkuda selama 15 menit atau 45 menit. Berkuda dengan durasi 15 menit sebesar Rp 150.000 dan berkuda 45 menit Rp 350.000. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved