Seren Tahun di Cigugur Dihadiri Para Tokoh Adat dan Pejabat, Upaya Merawat dan Meruwat Nusantara

"Seren Tahun ini sebagai upaya kami dalam merawat, meruwat pusaka Nusantara"

Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Syukuran hasil bumi alias Seren Tahun di lingkungan Paseban, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jumat (22/7/2022) 

SEJUMLAH tokoh nasional dan lokal hadir di kegiatan syukuran hasil bumi alias seren tahun di lingkungan Paseban yang terletak di Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

"Untuk kegiatan seren tahun sekarang ada banyak saudara kami hadir. Ada tokoh adat dari 14 provinsi hadir. Mulai dari tokoh adat provinsi di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat," kata Ketua Panitia Pelaksanaan kegiatan Seren Tahun, Ny Tati Juwita Jati Putri Jumat (22/7/2022).

Tati Juwita Jati Putri yang kebetulan sebagai Girang Pangaping Adat setempat, mengatakan, Seren Tahun menjadi rutinitas tahunan, sebagai bentuk syukur atas hasil bumi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Sejumlah pejabat dan tokohmasyarakat Jabar, hadir pada syukuran hasil bumi alias Seren Tahun di lingkungan Paseban, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jumat (22/7/2022)
Sejumlah pejabat dan tokohmasyarakat Jabar, hadir pada syukuran hasil bumi alias Seren Tahun di lingkungan Paseban, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jumat (22/7/2022) (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

"Kegiatan yang membudaya seperti ini, memiliki usia lebih dari satu abad. Persis pada tahun 2021 itu memasuki usia 100 tahun dan awal kegiatan ini berlangsung sejak tahun 1921," ujarnya.

Kehadiran para tokoh nasional dan warga adat dari lintas provinsi, kata Tati Juwita Jati Putri, sebagai bentuk pelestarian terhadap eksistensi budaya. Terlebih kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi untuk merawat dan meruwat pusaka Nusantara.

Baca juga: Cukup Bayar Rp 500 Ribu, Wisatawan Bisa Menikmati Sensasi Off Road di Desa Dukuhbadag, Kuningan

"Seren Tahun ini sebagai upaya kami dalam merawat, meruwat Pusaka Nusantara," katanya.

Dalam Seren Tahun ini ada pelaksanaan tumbuk padi atau sering dikenal dengan menutu padi, yang melibatkan tokoh budaya, tokoh masyarakat, juga Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

"Dalam pelaksanaan nutu pare atau menutu padi, itu ada 20 kuintal dan dua kuintal dijadikan benih untuk ditanam ulang. Nah, untuk hasil nutu padi tadi, kami bagikan pangan itu kepada warga sekitar, yatim piatu dan banyak lagi. Ini sebagai bentuk syukur kita sebagai mahluk sosial," ujarnya.

Baca juga: Ini Tiga Kuliner Khas yang Menjadi Favorit Wisatawan Saat Bertandang ke Kabupaten Kuningan

Tati Juwita Jati Putri menjelaskan, selama dua tahun kemarin (2019-2021) sebenarnya ada kegiatan Seren Tahun. Namun dilaksanakan secara sederhana karena ada pandemi Covid-19.

"Saat di masa Pandemi Covid-19 atau selama dua tahun kemarin, kami tetap melaksanakan Seren Tahun dengan sederhana. Kemudian untuk prosesi nutu pare kita ganti dengan cara mengupas padi," katanya.

syukuran hasil bumi alias Seren Tahun di lingkungan Paseban, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jumat (22/7/2022)
syukuran hasil bumi alias Seren Tahun di lingkungan Paseban, Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jumat (22/7/2022) (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Dalam kegiatan Seren Tahun ini tampak, sejumlah warga terlihat senang mengikuti kegiatan tersebut. Tidak sedikit warga saat di lokasi melakukan pengambilan dokumen foto dan video.

Baca juga: Ini Lima Objek Wisata di Kuningan untuk Berlibur Bersama Keluarga, Lengkap dengan Harga Tiketnya

Selain dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, tampak hadir Bupati Kuningan, H Acep Purnama; Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda; Anggota DPR RI, Ono Surono; mantan bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi; Danrem 063 / SGJ Cirebon Kolonel Inf Dany Racka; Dandim 0615/ Kuningan Letkol CZI David Nainggolan; Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda, dan juga istri mendiang Presiden RI, Gusdur, Ny Sinta Nuriyah. (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved