Berwisata di Luar Ruang di Wilayah Kabupaten Bandung Barat Sudah Boleh Tanpa Masker

untuk di outdoor (luar ruang) sudah boleh tidak pakai masker, apalagi kebanyakan wisata di KBB konsepnya ruang terbuka jadi relatif sangat aman

istimewa
Pengunjung Orchid Forest Cikole 

PENGELOLA objek wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), diminta untuk tetap waspada ketika tingkat kunjungan wisatawan meningkat selama momen libur sekolah.

Pasalnya, meski Bandung Barat sudah masuk PPKM Level 1 dan kunjungan ke objek wisata sudah diperbolehkan 100 persen, tetapi kasus penyebaran Covid-19 hingga saat ini belum benar-benar hilang.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), KBB, David Oot mengatakan, selama momen libur sekolah ini, pengelola objek wisata jangan lengah terhadap prosedur pencegahan Covid-19.

Fairy Garden di kawasan The Lodge Maribaya Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).
Fairy Garden di kawasan The Lodge Maribaya Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"Kewaspadaan tetap harus diterapkan oleh pengelola objek wisata, karena kasus Covid-19 belum sepenuhnya hilang," ujarnya saat dihubungi Tribun, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, upaya pencegahan dengan cara tidak lengah dalam menerapkan prosedur protokol kesehatan itu perlu dilakukan supaya tidak muncul klaster dari tempat wisata akibat kelengahan pihak pengelola.

Baca juga: Sepuluh Objek Wisata di KBB Masuk Daftar Prioritas Uji Coba untuk Dibuka bagi Wisatawan

"Kami sudah memberikan surat edaran kepada para pelaku wisata, agar tetap waspada dan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19," kata David.

Apalagi saat ini, animo masyarakat untuk berlibur sudah kembali menggeliat setelah adanya aturan pemerintah yang memberikan pelonggaran dan tak ada pembatasan perjalanan luar daerah. 

Baca juga: Disparbud Akan Lobi Pemprov Jabar Agar Situ Ciburuy Bisa Dikelola Pemda KBB

"Jadi, untuk di outdoor (luar ruang) sudah boleh tidak pakai masker, apalagi kebanyakan wisata di KBB konsepnya ruang terbuka jadi relatif sangat aman," ucapnya.

Anak-anak saat memberikan makan pada domba merino di objek wisata Farmhouse Lembang, Kamis (30/6/2022).
Anak-anak saat memberikan makan pada domba merino di objek wisata Farmhouse Lembang, Kamis (30/6/2022). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Di sisi lain, kata David, dengan bergeliatnya sektor pariwisata ini diharapkan pendapatan asli daerah (PAD) KBB dari sektor wisata bisa terus mengalami kenaikan setelah sebelumnya sempat terpuruk.

Baca juga: Masuk PPKM Level 2, Semua Objek Wisata di KBB Boleh Dibuka, Pengunjung Wajib Scan PeduliLindungi

"Seperti pajak dari restoran, hingga kini sudah tercapai lebih dari 50 persen itu jadi sinyalemen yang positif," kata David. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved