Garut Pernah Disebut Tempat Terindah oleh Charlie Chaplin, Sandiaga Uno Minta Julukan Itu Dijaga

"Untuk melestarikan jibrut kita akan adakan festival. Festival Jibrut ini salah satu yang bisa diusulkan sebagai keunikan seni pertunjukan di Garut"

Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari
Hamparan sawah dengan pemandangan Garut kota dari ketinggian di Desa Mekarmukti, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno meyakini pariwisata di Kabupaten Garut akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Ia menyebut Garut memiliki nilai histori yang panjang di mata internasional yang diakui oleh kedatangan Charlie Chaplin pada masa sebelum kemerdekaan.

"Garut adalah The Switzerland Van Java dan Charlie Chaplin pernah ke sini sebelum masa kemerdekaan, ia menyebutkan ini adalah tempat terindah di muka bumi." ujar Sandiaga dalam kegiatan Workshop Kata Kreatif di Art Center, Kabupaten Garut, Sabtu (18/6/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat menggelar Workshop Kata Kreatif di Gedung Art Center, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (18/6/2022) malam
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat menggelar Workshop Kata Kreatif di Gedung Art Center, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (18/6/2022) malam (Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari)

Selain bermodal keindahan alam, Kabupaten Garut menurutnya memiliki seni budaya dan produk-produk unggulan yang mampu mendunia.

Ia meminta potensi tersebut terus digenjot sehingga mampu terus bersaing dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Garut itu sendiri.

Baca juga: Masih Terus Ditata Namun Pengunjung ke Pantai Sayang Heulang di Garut Meningkat

"Kita melihat bukan hanya keindahan alamnya, juga seni budayanya, dan juga produk-produk ekonomi kreatif, seperti kuliner dan kopi, ternyata kopi Garut ini menjadi juara dunia," ucapnya.

Sandi menjelaskan selain kuliner dan keindahan alam, seni pertunjukan Garut diharapkan mampu terus lestari karena merupakan warisan budaya dari nenek moyang.

Baca juga: Masjid Bergaya Eropa di Garut Ini Menjadi Saksi Perlawanan Rakyat Terhadap Pemberontak DI/TII

Seperti halnya dengan seni jibrut yang diketahui mulai ditinggalkan oleh generasi saat ini.

Jibrut adalah kesenian tradisional lokal Garut yang berpadu dengan tarian, suara yang dihasilkan dari seni tersebut adalah suara yang berasal dari tangan yang dijepitkan ke ketiak.

Baca juga: Pengusaha Kuliner Garut Ini Ciptakan Minuman Orson Jeruk Garut dengan Harga Terjangkau

"Untuk melestarikan jibrut kita akan adakan festival. Festival Jibrut ini salah satu yang bisa diusulkan sebagai keunikan seni pertunjukan di Garut," ucapnya.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengatakan langkah-langkah menjadikan Garut sebagai kabupaten pariwisata saat ini terus dilakukan.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman saat meninjau proses penataan Pantai Sayang Heulang, Kabupaten Garut.
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman saat meninjau proses penataan Pantai Sayang Heulang, Kabupaten Garut. (Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari)

Ia meyakini kabupaten dengan julukan Kota Intan itu mampu bersaing dengan daerah lain sebagai kawasan pariwisata.

"Kehadiran Pak Menteri kesini semakin mengokohkan Garut sebagai kota atau kabupaten pariwisata dan tentu bukan pariwisata yang biasa tapi luar biasa, karena Pak Menteri memberikan arahan harus yang berkualitas," ujar Helmi. (Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved