Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) Kegiatan Wisata Dirgantara yang Pertama Digelar di Pangandaran

"Ini kan mulainya baru tahun sekarang. Mudah mudahan Susi Air Jamboree Aviation ini menjadi salah satu wisata baru yaitu wisata dirgantara"

Tribun Jabar/Padna
Akrobatik udara pada Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Sabtu (18/6/2022) 

KEMENTERIAN pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf) menghadiri acara atraksi Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Sabtu (18/6/2022)

Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, atraksi wisata dirgantara ini salah satu pariwisata yang bisa dikembangkan ke depan.

"Karena, Saya pernah melihat di Amerika dan itu menarik banyak ribuan wisatawan. Di sini (Pangandaran), yang menjadi daya tarik adalah Susi dirgantara kita dan nanti juga ada acara-acara seperti beach cleaning up" ujarnya kepada sejumlah wartawan di bandara Susi air Pamugaran Pangandaran, Sabtu (18/6/2022).

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno disambut Susi Pudjastuti dalam kegiatan Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Sabtu (18/6/2022)
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno disambut Susi Pudjastuti dalam kegiatan Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Sabtu (18/6/2022) (Tribun Jabar/Padna)

Sandi berharap, Pariwisata di Pangandaran ini menjadi ikon Pariwisata di Indonesia untuk bisa lebih baik ke depan, bisa bangkit, dan bisa membuka peluang usaha khususnya bagi masyarakat Pangandaran, termasuk event Susi Air Jamboree Aviation ini .

"Ini kan mulainya baru tahun sekarang. Mudah mudahan Susi Air Jamboree Aviation ini menjadi salah satu wisata baru yaitu wisata dirgantara," ucapnya.

Baca juga: Kamping Asyik Sambil Memandang Pantai di Sari Ater Beach Camping Park Karangnini, Pangandaran

Tahun sebelumnya Kemenparekraf sudah mengembangkan wisata Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Pada event SAJA ini Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) juga turut berpartisipasi. Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus untuk merespon cepat jika terjadi kedaruratan selama kegiatan berlangsung.

Baca juga: Pemkab Pangandaran Segera Membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah Demi Keindahan Pantai

Basarnas mengerahkan helikopter Doulphin HR-3606, jet ski, rescue car, dan berbagai peralatan SAR lainnya di area jambore.

Event tersebut dibuka oleh Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang juga Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Baca juga: Para Pemandu Wisata di Pangandaran Dilatih Teknik Penyelamatan Wisatawan

Jambore yang dihadiri oleh para pecinta kedirgantaraan Nusantara tersebut diikuti oleh puluhan pesawat, diantaranya milik Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Bahkan, pada kesempatan tersebut, Kabasarnas sempat melakukan manuver dengan pesawat PK-S325 yang ia rakit sendiri.

Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno menyaksikan akrobatik udara pada Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Sabtu (18/6/2022)
Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno menyaksikan akrobatik udara pada Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Sabtu (18/6/2022) (Tribun Jabar/Padna)

"Selain Siaga SAR Khusus memback up kegiatan Susi Air Jambore Aviatio, Basarnas juga melakukan simulasi evakuasi medis udara dan pameran peralatan SAR. Kami juga melaksanakan pembinaan potensi SAR dengan pelatihan water rescue di Pantai Pangandaran dan rapat Forum Koordinasi Potensi SAR wilayah kerja Kantor SAR Bandung," kata Kabasarnas.

SAJA diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, beach clean up bersama Pandu, beach strip untuk cagar alam oleh seluruh tamu dan peserta jambore, penerbangan joy flight dengan mengajak warga sekitar, yaitu terbang menggunakan pesawat Susi Air, akrobat udara oleh peserta jambore, skydivers, dan demo evakuasi medis udara oleh Basarnas.

Baca juga: Sup Iga Sapi Lezat di Padaherang, Pangandaran Ini harganya Hanya Rp 10 Ribu Seporsi

"Saya ini pecinta dirgantara, ingin sebanyak mungkin pesawat yang terbang di udara Indonesia bukan berkurang. Baik yang komersil maupun yang pencinta," ujar Susi Pudjiastuti saat konferensi pers di lapangan udara Susi Airport Pamugaran, Pangandaran, Sabtu (18/6/2022) siang.

Menurut Susi, aktivitas dirgantara ini memudahkan dalam menjelajahi Indonesia yang luas.

Baca juga: Hmmm Nikmatnya Sore-sore Menyantap Pecel Jawa dan Tempe Mendoan Hangat di Padaherang, Pangandaran

"So, break true distance, break true time, break true all so flying, karena kalau kita melihat dari darat cuma sedikit yang kita lihat tapi kalau melihat dari udara kita lebih menghargai, mencintai Indonesia yang sangat indah. Dan Indonesia yang luas pun menjadi dekat dan mudah, dan itu keinginan saya," katanya.

Kemudian yang kedua, tujuannya adalah mendekatkan dirgantara kepada masyarakat.

Baca juga: Bupati Pangandaran Akan Kembangkan Wisata Kampung Sunda, Kerja Sama dengan Paguyuban Pasundan

"Karena, kebanyakan event dilakukan di airport-airport resmi, masyarakat tidak bisa ikut serta. Mudah mudahan pak Jeje, inisiatif kami mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan juga tentunya Pemerintah. Nah, apresiasi dari pemerintah Saya harapkan otority memberikan dukungan kemudahan untuk hobi dirgantara," ucap Susi.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, event atraksi ini akan dilaksanakan setiap tahunnya. "Ini baru pertama, Saya kira cara mengorganisirnya masih cara Bu Susi," ujarnya.

Akrobatik udara pada Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Sabtu (18/6/2022)
Akrobatik udara pada Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Sabtu (18/6/2022) (Tribun Jabar/Padna)

Pada tahun 2022 ini, kata Ia, ada 3 event di Pangandaran di antaranya event SAJA, kemudian pada Oktober ada Pan ASEAN Hash Pangandaran yang dihadiri oleh 24 negara dan terakhir event Susi di Pacuan Kuda.

"Jadi Saya kira, Ini adalah upaya kita dalam rangka menaikkan kelas dunia pariwisata di Kabupaten Pangandaran," ucap Jeje. (Tribun Jabar/Padna)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved