Terapkan PPKM Level 1, Objek Wisata di Bandung Barat Bisa Dikunjungi Wisatawan 100 Persen

meskipun saat ini sudah normal, tapi prokes tetap diperhatikan. Termasuk pengelola wisata juga terus menerapkan aplikasi PeduliLindungi

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Replika Dinosaurus di TGAA Lembang saat berinteraksi dengan pengunjung, Jumat (25/3/2022) 

OBJEK wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini diizinkan untuk dikunjungi wisatawan hingga 100 persen setelah wilayahnya menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. 

Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Mendagri Nomor 29 Tahun 2022 tentang PPKM Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, termasuk wilayah Bandung Raya yang di dalamnya yakni Bandung Barat.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), KBB, David Oot mengatakan, dengan diterapkannya PPKM Level 1 itu membuat carrying capacity ke tempat wisata menjadi 100 persen.

Wisatawan menyaksikan atraksi hewan di objek wisata Lembang Park and Zoo, Kamis (26/5/2022)
Wisatawan menyaksikan atraksi hewan di objek wisata Lembang Park and Zoo, Kamis (26/5/2022) (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"Sementara sebelumnya saat PPKM Level 2 hanya 75 persen. Itu menjadi angin segar bagi industri pariwisata di KBB," ujarnya di Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (8/6/2022).

Menurutnya, hal tersebut menjadi angin segera bagi pariwisata di Bandung Barat karena selama ini sempat terpukul akibat Covid-19. Sebab, kunjungan wisatawan menjadi turun drastis akibat adanya pembatasan.

Baca juga: Disparbud Akan Lobi Pemprov Jabar Agar Situ Ciburuy Bisa Dikelola Pemda KBB

Kendati demikian pengelola wisata harus menyiapkan kiat-kiat agar pengunjung tetap nyaman dan harus tetap menjaga protokol kesehatan meskipun saat ini aktivitas sudah dibolehkan normal.

"Jadi, meskipun saat ini sudah normal, tapi prokes tetap diperhatikan. Termasuk pengelola wisata juga terus menerapkan aplikasi PeduliLindungi," kata David.

Baca juga: Bosscha dan Gua Pawon di Bandung Barat Ditetapkan Sebagai Situs Cagar Budaya di KBB

Dengan adanya kebijakan ini, pihaknya optimistis sektor pariwisata di KBB akan kembali bangkit hingga akhir tahun nanti.

Jembatan Bucin di KBB
Jembatan Bucin di KBB (TribunJabar/Syarif Pulloh Anwari)

Apalagi banyak objek wisata di KBB yang konsepnya outdoor sehingga bisa membuat pengunjung lebih nyaman, apalagi ada instruksi presiden yang mengizinkan boleh melepas masker di luar ruangan.

Baca juga: Objek Wisata di Selatan Kab Bandung Barat TakBbanyak Dikunjungi, Wisatawan Pilih ke Kawasan Lembang

"Dengan begitu nantinya bisa mendatangkan wisatawan ke Lembang lebih banyak lagi karena tiket masuknya juga relatif terjangkau," ujarnya. (Tribun Jabar/Handhika Rahman)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved