Wisata Air Panas Cisolok Sukabumi Dipercaya Dapat Sembuhkan Buduk dan Bikin Awet Muda

Mereka ada yang beralasan, awet muda ini tercipta karena muka terkena cipratan hangat atau panasnya air yang disemburkan dari air mancur

Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Suasana Geyser Cisolok di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, saat libur lebaran 2022 

WISATA pemandian air panas Geyser Cisolok di Jalan Raya Cisolok Cipanas, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi,  selalu menjadi primadona wisatawan saat libur hari-hari besar.

Seperti libur tahun baru dan libur lebaran saat ini. Objek Wisata yang masuk dalam daftar Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) ini selalu ramai pengunjung.

Pemandian air panas yang bersumber langsung dari panas bumi ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, bahkan bisa buat awet muda orang yang berendam dibawah semburan air mancur yang mengeluarkan uap belerang ini.

Suasana Geyser Cisolok di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, saat libur lebaran 2022
Suasana Geyser Cisolok di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, saat libur lebaran 2022 (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Berikut beragam mitos tentang pemandian air panas Geyser Cisolok yang dipercaya sembuhkan berbagai penyakit:

1. Sembuhkan Buduk dan Berbagai Penyakit Kulit

Pemandian air panas yang ada sejak sebelum ditetapkan masuk dalam CPUGG ini dipercaya dapat menyembuthkan penyakit budug alias gudik.

Diketahui, penyakit buduk dalam istilah media disebut penyakit skabies. Yakni penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Penyakit ini dapat menular dari manusia ke manusia, dari hewan ke manusia dan sebaliknya.

Baca juga: Rasa Jahe Merah di Minuman Bandrek Spesial Ibu Jawa di Palabuhanratu Sukabumi Ini Kerasa Banget

Dengan mandi di pemandian air panas Geyser Cisolok, dipercaya penyakit tersebut dapat hilang, karena panasnya semburan air menghilangkan rasa gatal yang identik dengan penyakit skabies.

Tak hanya buduk, dengan mandi di sana juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit lainnya.

Wisatawan lokal berendam di pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi
Wisatawan lokal berendam di pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

2. Hilangkan Corona

Pada saat awal-awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pemandian air panas dipercaya sebagian wisatawan menganggap dengan mandi di Geyser Cisolok ini dapat menghilangkan penyakit corona alias Covid-19.

Mereka percaya, panasnya uap belerang yang keluar dari semburan sumber air panas dapat mematikan virus Corona.

Baca juga: Wisatawan Dapat Menikmati Pemandangan Pelangi yang Muncul dari Semburan Air Panas di Geyser Cisolok

3. Bikin Awet Muda

Di luar dari dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit dan dipercaya dapat mematikan virus Covid-19, sebagian wisatawan percaya bahwa dengan mandi di pemandian air panas ini dapat membuat awet muda.

Mereka ada yang beralasan, awet muda ini tercipta karena muka terkena cipratan hangat atau panasnya air yang disemburkan dari air mancur.

Dipercaya juga uap belerang di pemandian air panas ini dapat menjaga kebersihan pori-pori dan mencegah jerawat, sehingga hal itu menjadi alasan sebagian wisatawan bahwa pemandian air panas ini dapat membuat awet muda.

Wisata pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi,
Wisata pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

4. Bawa Keberuntungan

Jika anda berwisata ke Geyser Cisolok melihat pelangi yang terpancar jelas dari sumber air panas di sungai, maka anda akan beruntung.

Hal itu menjadi salah satu mitos yang berkembang dan masih ada yang mempercayai. Ada yang mengatakan bahwa dengan mandi di titik keluarnya pelangi di air panas itu dapat membawa keberuntungan, tak diketahui pasti keberuntungan apa yang akan didapat.

Baca juga: Geyser Cisolok Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatan, Hanya Ada Dua di Dunia, Satu Lagi di Brazil

Dari seluruh khasiat yang dipercaya dapat terjadi dengan mandi di pemandian air panas Geyser Cisolok ini, Tribunjabar.id tidak dapat memastikan kebenaran secara langsung. Tetapi, mitos atau kepercayaan itu terus berkembang sampai saat ini.

Sekedar informasi, untuk sampai ke pemandian air panas ini, dari pusat kota Palabuhanratu menempuh jarak sekitar 15 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved