Hari Terakhir Libur Lebaran Volume Kendaran di Lembang Menurun 30 Persen, Objek Wisata Pun Sepi

"Pada hari ini arus lalu lintas di jalur wisata Lembang sangat landai. Volume kendaraan mengalami penurunan yang sangat signifikan,"

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi arus lalu lintas di kawasan objek wisata Lembang saat hari terakhir libur lebaran, Minggu (8/5/2022) 

VOLUME kendaraan di kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami penurunan yang cukup signifikan pada hari terakhir libur lebaran ini, Minggu (8/5/2022).

Menurut pantauan Tribun Jabar, saat ini sudah tidak ada lagi antrean kendaraan baik dari arah Kota Bandung menuju Lembang maupun dari arah sebaliknya, sehingga kondisi di objek wisata seperti Farmhouse dan The Great Asia Afrika pun terpantau sepi.

Kanit Lakalantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subakti mengatakan, pada hari terakhir libur lebaran ini volume kendaraan di kawasan objek wisata Lembang mengalami penurunan antara 20 hingga 30 persen jika dibandingkan dengan beberapa hari yang lalu.

The Great Asia Africa dilihat dari atas
The Great Asia Africa dilihat dari atas (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"Pada hari ini arus lalu lintas di jalur wisata Lembang sangat landai. Volume kendaraan mengalami penurunan yang sangat signifikan," ujarnya saat ditemui Tribun Jabar di Lembang, Minggu (8/5/2022).

Selain itu, kata Bayu, arus lalu lintas di jalur alternatif menuju kawasan Lembang juga saat ini sudah mulai landai, tetapi untuk personel tetap disiagakan, baik di jalur arteri maupun jalur alternatif.

Baca juga: Floating Market Diserbu 15 Ribu Pengunjung, Objek Wisata di Lembang Bergeliat Kembali Pascapandemi

"Kami melakukan pemantauan dari dua titik yakni dari Beatrix dan Farmhose Lembang. Untuk di Beatrix meskipun tiga arus, tetap lancar terkendali tidak ada sendatan dan ekor kendaraan, bahkan untuk sekarang di Farmhouse pun masih sepi," kata Bayu.

Menurutnya, faktor yang mempengaruhi penurunan volume kendaraan di kawasan objek wisata Lembang ini karena momen libur lebaran sudah usai dan para pemudik juga sudah kembali ke daerahnya masing-masing.

Baca juga: Di Fairy Garden Lembang Ada Peri Cantik Bagi Pengunjung, Turis Bisa Kunjungi 3 Area Wisata Sekaligus

"Faktor yang sangat mendukung, hari ini merupakan akhir dari libur lebaran. Jadi, besok (Senin) untuk ASN dan swasta sudah masuk kerja seperti biasa," ucapnya.

Dengan menurunnya volume kendaraan ini, kata Bayu, pihaknya tidak lagi menerapkan sistem one way seperti biasa yang dilakukan hingga beberapa kali karena saat ini sudah tidak lagi kemacetan.

Objek wisata Farm House di Lembang
Objek wisata Farm House di Lembang (Traveloka)

"Untuk one way tetap akan kami lakukan, tetapi sifatnya situasional. Jadi, kalau sudah terjadi kepadatan, maka akan kami laksanakan CB one way," ujar Bayu. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved