Satu Arah Diterapkan di Lembang, Sabtu dan Minggu Ini Diperkirakan Wisatawan Membludak

"Kami akan konsentrasi menjaga kondisi arus lalu lintas di objek wisata untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan"

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kapolda Jabar, Irjen Pol Sutana (kiri) saat meninjau salah satu objek wisata di Lembang, KBB, Selasa (3/5/2022) 

KEPOLISIAN memprediksi kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal tetap diserbu wisatawan hingga akhir pekan nanti karena libur lebaran tahun ini masih cukup panjang.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Sutana mengatakan, puncak kedatangan wisatawan khususnya ke kawasan objek wisata Lembang diprediksi akan terjadi pada Jumat hingga Minggu atau akhir pekan.

"Dari hari kemarin sampai Minggu masyarakat sudah berdatangan. Saya belum bisa menentukan puncaknya kapan, mungkin bisa Sabtu atau Minggu, sehingga kami harus membagi kekuatan personel untuk mengawasi semua objek wisata," ujarnya saat ditemui di Lembang, Selasa (3/5/2022).

Kondisi arus lalu lintas di kawasan objek wisata Lembang saat libur Imlek, Selasa (1/2/2022).
Kondisi arus lalu lintas di kawasan objek wisata Lembang saat libur Imlek, Selasa (1/2/2022). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Selain di objek wisata Lembang, kata dia, tingkat kunjungan di objek wisata lain yang ada di Jawa Barat seperti di Bogor, Pangandaran, Sukabumi, dan Ciwidey di Kabupaten Bandung juga mengalami peningkatan.

"Kami akan konsentrasi menjaga kondisi arus lalu lintas di objek wisata untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan," kata Suntana.

Baca juga: Sekitar 2.000 Wisatawan Kunjungi Objek Wisata The Great Asia Africa di Lembang di Hari ke-2 Lebaran

Khusus untuk di objek wisata Lembang, pihaknya menginstruksikan agar personel Polres Cimahi melakukan skema one way (satu arah) di ruas Jalan Raya Lembang agar memudahkan wisatawan untuk menuju Lembang

"Kami ingin memberikan kemudahan pada wisatawan yang hendak ke Lembang dengan menerapkan oneway di jalur arteri ini dari bawah ke Lembang. Nanti sore sampai malam kita akan lakukan penarikan dari atas (Lembang) ke bawah (Bandung) juga," ucapnya.

Kondisi arus lalu lintas menuju objek wisata Lembang, Minggu (27/3/2022)
Kondisi arus lalu lintas menuju objek wisata Lembang, Minggu (27/3/2022) (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Selain melakukan pengecekan jumlah kunjungan, pihaknya juga mengecek penerapan protokol kesehatan di objek wisata, meskipun saat ini level PPKM di Jawa Barat telah menurun. 

Baca juga: Ademnya Healing atau Staycation di Rumah Gautama, Mekarwangi, Lembang

"Pengawasan prokes di objek wisata kan level PPKM kami agak turun. Kemudian vaksinasi tinggi, di lokasi wisata juga menggunakan pedulilindungi. Tapi kita minta pengelola tetap mengimbau wisatawan agar menjaga prokes," kata Suntana. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved