Alun-alun Pangandaran Termegah, Terbesar, dan Indah, Kang Emil Beri Nama Alun-alun Pangbagea

insyaallah tahun ini pembangunan menyambungkan Karang Tirta dengan Pantai Batu Hiu yang menggunakan anggaran sekian miliar

Tribun Jabar/Padna
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata seusai meresmikan Alun-alun Pangandaran, Minggu (20/2/2022) 

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa kang Emil meresmikan Alun-alun baru Pangandaran dan jembatan di Cikidang, Pantai timur Pangandaran.

Kang Emil mengatakan, ada dua infrastruktur untuk mempermudah perekonomian masyarakat di Kabupaten Pangandaran. Yang pertama, jembatan Cikidang yang biasa disebut oleh masyarakat sebagai jembatan merah, kemudian, alun-alun baru pusat pemerintahan daerah Pangandaran yang sangat membanggakan.

"Alun - alun baru Pangandaran ini saya berikan nama Alun-alun Pangbagea artinya Pangandaran Bagja (senang), Endah (indah) dan Asri (sedap dipandang)," ujarnya kepada sejumlah wartawan di Alun-alun Pangbagea, Minggu (20/2/2022) siang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Pangadaran, Jeje Wiradinata meresmikan Alun-alun Pangandaran dan jembatan di Cikidang, Pantai Timur Pangandaran
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Pangadaran, Jeje Wiradinata meresmikan Alun-alun Pangandaran dan jembatan di Cikidang, Pantai Timur Pangandaran (Tribun Jabar/Padna)

Kabupaten Pangandaran ini, kata Kang Emil, sebagai daerah pemekaran terbungsu (terakhir), dan harus lengkap pusat pemerintahannya. "Kebanggaan sebuah daerah, ada di wajah alun-alun ini," katanya.

Ia menambahkan, sudah ada 12 Alun-alun yang diresmikan bantuan dari provinsi Jawa barat).

Baca juga: Nikmatnya Berkuliner Sambil Memandang Samudra Hindia di Kampung Turis Pamugaran Lounge, Pangandaran

"Pangandaran ini, adalah yang terakhir. Nah, alun-alun ini merupakan termegah dan terbesar yang menggunakan anggaran sebesar Rp 24 miliar dalam dua tahun dan terbagi dua lantai. saya dengar dari pak Bupati, alun-alun ini sudah menjadi kebanggaan dan sudah dipakai kegiatan-kegiatan publik," kata Emil.

Jadi, kata Kang Emil, makin hari setiap datang semakin maju dan tentunya pemerintah provinsi akan mendukung terus.

Alun-alun baru Kabupaten Pangandaran di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi
Alun-alun baru Kabupaten Pangandaran di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi (Tribun Jabar/Padna)

Menurutnya, tahun ini (2022), ada Rp 85 miliar program pembangunan jembatan di Karang Tirta yang menghubungkan Pangandaran dengan Pantai Batu Hiu yang selama ini jaraknya masih jauh.

Baca juga: Keuntungan Para Pengusaha Rental Kendaraan Wisata Jenis ATV di Pangandaran Melesat

"Jembatannya itu didesain khusus, saya juga ikut terlibat. Insyaallah, bukan asal biasa, saya akan buat ornamen - ornamen yang membuat jembatan itu istimewa. Saya harap, agenda-agenda saya di Pangandaran disebarluaskan oleh media terkait rasa sayang dan rasa dukungan terhadap kabupaten Pangandaran yang merupakan program provinsi Jawa Barat," katanya

Alun-alun baru Kabupaten Pangandaran
Alun-alun baru Kabupaten Pangandaran (Tribun Jabar/Padna)

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat atas saran dan upayanya, bukan hanya mendukung tapi sudah mengeluarkan ide, memberikan anggaran, dan lainnya.

Baca juga: Dari Hotel Menara Laut Wisatawan Bisa Melihat Langsung Indahnya Pantai Barat Pangandaran

"Alun-alun ini hanya salah satu, proyek-proyek yang strategis, penataan pantai, rumah sakit dan sebagainya itu, karena peran beliau yang amat luar biasa. Belum lagi, insyaallah tahun ini pembangunan menyambungkan Karang Tirta dengan Pantai Batu Hiu yang menggunakan anggaran sekian miliar. Untuk itu, terimakasih kepada pak gubernur, anak bungsu yang baru mekar sembilan tahun terus diasuh oleh pak Gubernur," kata Jeje. (Tribun Jabar/Padna)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved