Disparbud Akan Lobi Pemprov Jabar Agar Situ Ciburuy Bisa Dikelola Pemda KBB

objek wisata Situ Ciburuy itu hingga kini masih dikelola oleh Pemprov Jabar karena lahannya juga masih di bawah pengelolaan mereka

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Situ Ciburuy Padalarang 

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah berjuang agar objek wisata Situ Ciburuy yang ada di Kecamatan Padalarang bisa dikelola pemerintah daerah Bandung Barat.

Seperti diketahui, objek wisata Situ Ciburuy hingga saat ini masih dikelola Pemprov Jabar, meskipun lokasinya berada di wilayah KBB. Sehingga, Disparbud KBB saat ini tengah melobi pihak provinsi terkait pengelolaan objek wisata tersebut.

Kepala Disparbud, KBB, Heri Partomo, mengatakan objek wisata Situ Ciburuy itu hingga kini masih dikelola oleh Pemprov Jabar karena lahannya juga masih di bawah pengelolaan mereka. 

Pedagang saat membongkar kiosnya yang berada di sekitar Situ Ciburuy, Minggu (15/8/2021)
Pedagang saat membongkar kiosnya yang berada di sekitar Situ Ciburuy, Minggu (15/8/2021) (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"Tapi kami akan coba lobi mereka supaya objek wisata Situ Ciburuy bisa dikelola oleh kami (Pemda KBB)," ujar Heri di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (16/2/2022).

Heri mengatakan, Pemerintah KBB akan mengupayakan Situ Ciburuy bisa dikelola Pemda KBB karena nantinya bisa menguntungkan pemerintah daerah, apalagi secara teritorial wilayahnya ada di KBB, sehingga bisa lebih memudahkan dalam pengawasan dan pengelolaannya. 

Baca juga: Objek Wisata Situ Ciburuy di Padalarang Direvitalisasi Hingga Akhir Tahun, Kios Pedagang Dibongkar

Selain itu, kata Heri, jika Situ Ciburuy bisa dikelola oleh Pemda KBB, nantinya akan menambah objek wisata di Bandung Barat yang dikelola pemerintah daerah.

"Jadi kalau pengelolaan Situ Ciburuy diambil alih, maka akan menambah objek wisata yang dikelola Pemda yang imbasnya bisa meningkatkan PAD," katanya.

Baca juga: Bosscha dan Gua Pawon di Bandung Barat Ditetapkan Sebagai Situs Cagar Budaya di KBB

Untuk saat ini, objek wisata yang dikelola oleh Pemda KBB hanya ada dua yakni Curug Malela di Kecamatan Rongga dan Gua Pawon di Kecamatan Cipatat, sedangkan Maribaya sedang dikerjasamakan dengan pihak ketiga selama 30 tahun.

Untuk itu, Pemda KBB akan melihat peluang terkait pengelolaan wisata Situ Ciburuy secara penuh, apalagi objek wisata tersebut sudah dibenahi oleh Pemprov Jabar.

Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB)
Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) (Tribun Jabar)

Heri mengatakan, dengan adanya pembenahan itu, tentunya akan menambah nilai jual dan image Situ Ciburuy yang lebih baik dari beberapa tahun sebelumnya.

Baca juga: Sang Merah Putih Membentang di Keindahan Tebing Karang Hawu, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat

"Semoga saja kenginan pengelolaan Situ Ciburuy ini bisa terealisasi, sehingga bisa meningkatkan citra pariwisata di KBB dan menjadi ikon baru di kawasan Padalarang," ucap Heri. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved