Sate dan Gulai Sumsum Khas Pak Kromo Bikin Ketagihan, Disajikan dalam Kondisi Hangat yang Pas

"Penyajian satenya juga kami sajikan di wajan yang masih panas, sehingga kondisi hangat sangat pas untuk disantap"

Tribun Jabar/Nandri Prilatama
Sate Khas Kambing Muda Pak Kromo di Paskal Hypersquare, Bandung 

PENCINTA kuliner Bandung kini enggak perlu bingung mencari tempat makan yang menu beragam, di antaranya bakso, sate, hingga masakan khas Sunda. Di Paskal Hypersquare, tepatnya di RM Sambel Hejo, adalah tempatnya. 

Di sana tersaji tiga makanan, yakni Sambel Hejo, Bakso Malang Haji Darmo, dan Sate Khas Kambing Muda Pak Kromo.

Kalian bisa menyantap berbagai macam menu mulai daging sapi, kambing, hingga makanan-makanan khas Sunda. Selain itu, di sana juga bisa menjadi tempat nongkrong yang asyik, karena tersaji juga beragam menu kopi. 

Gulai sumsum yang disajikan di gerai Sate Khas Kambing Muda Pak Kromo, Paskal Hypersquare, Bandung
Gulai sumsum yang disajikan di gerai Sate Khas Kambing Muda Pak Kromo, Paskal Hypersquare, Bandung (Tribun Jabar/Nandri Prilatama)

Pemilik Sambel Hejo Bakso Malang Haji Darmo dan Sate Khas Kambing Muda Pak Kromo, Joko Trisuroso, mengatakan bahwa kedainya memilih kambing muda untuk sate dan gulai sumsum.

Menurutnya, kambing muda ini sangat cocok untuk diolah menjadi sate.

"Tapi tak semua bagian kambing kami jadikan sate. Itu yang membedakan sate kami dengan sate di tempat lain. Kami hanya gunakan bagian tertentu untuk sate agar terjaga tekstur yang empuk saat dimakan," kata Joko, Jumat (19/11).

Tak hanya memperhatikan masalah daging, Joko mengatakan bumbu yang dipakai ialah bumbu pilihan yang paling cocok dengan sate Kromo. Kemudian, cara mengolah, seperti pembakaran terlebih dahulu dicelupkan ke bumbu khusus agar terasa cita rasanya dan menggunakan teknik berbeda dengan tempat lain.

"Penyajian satenya juga kami sajikan di wajan yang masih panas, sehingga kondisi hangat sangat pas untuk disantap," ujarnya.

Kedai Sate Khas Kambing Muda Pak Kromo menyajikan berbagai macam sate, semisal sate kambing slip lemak (10 tusuk) dihargai Rp 55 ribu, sate kambing polos (10 tusuk) dihargai Rp 65 ribu, sate ayam (10 tusuk) Rp 38 ribu, dan sate maranggi (sapi) (10 tusuk) Rp 55 ribu.

Sedangkan tongseng kambing Rp 45 ribu, gulai kambing Rp 40 ribu, gulai sumsum Rp 49 ribu, sop kambing Rp 40 ribu, dan sop sumsum Rp 49 ribu.

sate Pak Haji Kromo
sate Pak Haji Kromo (youtube sate kromo)

Menurut Joko, gulai sumsum menjadi salahsatu makanan favorit di kedainya, karena memang menggunakan bagian tulang dari kambing muda sehingga membuat pelanggan ketagihan.

"Sumsum diambil dari tulang kambing muda. Bahannya dari satu kambing yang sama dengan olahan sate, sehingga ada bagian tertentu tulangnya kami pakai untuk gulai," ujar Joko. (Tribun Jabar/M Nandri Prilatama)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved