Pilih Bakso di Kedai Bakso Malang Haji Darmo Bandung, Bakso Lobster Paling Disukai

"Kami gunakan seratus persen daging sapi, enggak ada campuran daging apa pun. Bakso ini buatan sendiri dan secara langsung kami awasi produksinya"

Tribun Jabar/Nandri Prilatama
Menu di Bakso Malang Haji Darmo, Paskal Hypersquare, Bandung 

SIAPA yang tidak suka bakso. Ya kita tentu sangat menyukai makanan yang satu ini. Bagi Joko Trisuroso hal ini menjadi peluang bisnis, yang kemudian diwujudkan dengan menghadirkan Kedai Bakso Malang Haji Darmo.

Menurut Joko, sebelum membuka kedai bakso, dia terlebih dahulu melakukan riset soal apa saja yang sering ada dalam bakso Malang. Kemudian, Joko mencoba membuat sesuatu yang berbeda, terutama dalam racikan bakso.

Di kedai Baksi Malang Haji Darmo ada bakso urat, bakso jamur, bakso isi pedas, bakso cincang, bakso mozarela, bakso beranak, bakso rusuk, bakso telor, dan bakso lobster.

Bakso Malang Haji Darmo
Bakso Malang Haji Darmo (Tribun Jabar/Nandri Prilatama)

"Sebenarnya kami membuat banyak macam bakso isi. Tapi, hanya beberapa yang kemudian cocok, termasuk bakso lobster yang disukai banyak orang. Untuk bakso jamur kami menggunakan jamur khusus," kata Joko, Jumat (19/11).

Joko mengatakan respons pelanggan terhadap baksonya sangat positif. Apalagi, kata dia, pelanggan bisa memilih sendiri bakso yang disuka. Bahkan, kata Joko, kuah bakso malangnya disuka pelanggan.

Baca juga: Kedai Bakso Mang Panjul di Majalengka Ini Gratiskan Pemilik Nama Yana untuk makan Semangkuk Bakso

"Kami gunakan seratus persen daging sapi, enggak ada campuran daging apa pun. Bakso ini buatan sendiri dan secara langsung kami awasi produksinya," kata Joko, yang juga berprofesi sebagai dosen hukum di Universitas Langlangbuana, Kota Bandung.

Harga bakso di kedai Bakso Malang Haji Darmo adalah bakso kecil polos Rp 3000 per butir), bakso besar polos Rp 5.500 per butir, bakso urat Rp 5.500 per butir, bakso jamur Rp 14 ribu per butir, bakso pedas Rp 14 ribu per butir, bakso cincang Rp 14 ribu per butir, bakso mozarella Rp 14 ribu per butir, bakso beranak Rp 20 ribu per butir, bakso rusuk Rp 35 ribu hingga Rp 45 ribu, bakso telor Rp 14 ribu per butir, dan bakso lobster Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

Pelanggan bersiap menikmati bakso malang di Kedai Bakso Malang Haji Darmo di Paskal Hypersquare, Bandung
Pelanggan bersiap menikmati bakso malang di Kedai Bakso Malang Haji Darmo di Paskal Hypersquare, Bandung (Tribun Jabar/Nandri Prilatama)

Joko mengatakan kedai baksonya ada di 14 lokasi, Paskal Hypersquare tepatnya di RM Sambel Hejo (Kota Bandung), Pangalengan dan Ciparay (Kabupaten Bandung), Tanjungsari (Kabupaten Sumedang), Yogyakarta, Karawang, Cikampek, dan Jakarta.

"Konsep yang kami ambil adalah makanan enak dan tempat nyaman. Jika tempatnya luas, kami buka tiga macam, yakni bakso, sate, dan makanan khas Sunda. Tapi, kalau sempit ya bakso saja," katanya.

Baca juga: Bakso Balung Sumsum Jadi Favorit di Baso Pacitan Bu Is, Tersedia Beragam Menu Bakso Berkuah Pedas

Delapan tahun Joko merintis usahanya. Awalnya dia merintis usaha di Jalan Flores, Kota Bandung, sebelum pindah ke Jalan Citarum. Namun, pandemic Covid-19 membuat usahanya terpuruk dan tutup.

"Saya enggak patah semangat. Akhirnya, selama pandemi justru saya nekat dan memulai membuka cabang di luar Kota Bandung. Alhamdulillah selama pandemi 19 cabang yang saya buka," ujar Joko sambil mengatakan dia berencana membuka beberapa cabang lagi.

Suasana di Kedai Bakso Malang Haji Darmo
Suasana di Kedai Bakso Malang Haji Darmo (Tribun Jabar/Nandri Prilatama)

"Kemungkinan di Jakarta, Tangerang, dan Kota Bandung. Di tengah kota dengan konsep yang lengkap," katanya.(Tribun Jabar/M Nandri Prilatama)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved