Tentang Tutup Tidaknya Objek Wisata di Kabupaten Bandung Barat, Disparbud Menanti Pemerintah Pusat

"Belum ada keputusan, tapi mau seperti apa dan bagaimana, nanti dilihat lagi kebijakan dari pemerintah pusatnya"

Tribun Jabar/Wildan Noviansah
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Barat (KBB), Heri Partomo 

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal mengikuti keputusan pemerintah pusat, jika semua objek wisata harus ditutup kembali saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Seperti diketahui, pemerintah pusat berencana akan menerapkan PPKM Level 3 mulai 22 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 untuk mengantisipasi peningkatan kasus selama periode libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Kepala Disparbud KBB, Heri Partomo, mengatakan, penutupan objek wisata selama PPKM Level 3 itu hingga saat ini belum ada keputusan, sehingga Disparbud belum bisa memutuskan apakah objek wisata akan ditutup atau tidak.

Tempat Wisata Grafika Cikole Kabupaten Bandung Barat (KBB)
Tempat Wisata Grafika Cikole Kabupaten Bandung Barat (KBB) (instagram@officialgrafika)

"Belum ada keputusan, tapi mau seperti apa dan bagaimana, nanti dilihat lagi kebijakan dari pemerintah pusatnya," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (19/11/2021).

Pada penerapan PPKM Level 3 sebelumnya, objek wisata di Bandung Barat ditutup dengan mengikuti kebijakan pemerintah pusat. Namun untuk PPKM Level 3 akhir tahun nanti, pihaknya belum bisa memastikannya.

Baca juga: Masuk PPKM Level 2, Semua Objek Wisata di KBB Boleh Dibuka, Pengunjung Wajib Scan PeduliLindungi

Atas hal tersebut, kata Heri, Pemkab Bandung Barat dan pengelola objek wisata berharap objek wisata tetap dibuka meski ada penerapan PPKM Level 3 karena kondisi bisnis pariwisata saat ini mulai pulih setelah dihantam pandemi Covid-19.

"Kunjungan wisatawan di Bandung Barat khususnya kawasan wisata Lembang kini mulai meningkat. Tapi, pengelola tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," kata Heri.

Curug Sawer di Kampung Asrama Radio, Desa Cililin Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB).
Curug Sawer di Kampung Asrama Radio, Desa Cililin Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). (TribunJabar/Syarif Pulloh Anwari)

Seperti diketahui, jika dalam kondisi normal, Lembang merupakan salah satu tempat favorit untuk menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru karena objek wisata, kafe, resto hingga penginapan dengan konsep alam selalu menjadi daya tarik pengunjung.

Baca juga: Sepuluh Objek Wisata di KBB Masuk Daftar Prioritas Uji Coba untuk Dibuka bagi Wisatawan

"Tapi kebijakannya dari pusat harus tutup ya apa boleh buat, kita harus bisa menyesuaikan itu," ucapnya. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved