Hore, Wisatawan Indonesia Sudah Boleh Liburan Ke Singapura Tanpa Perlu Karantina

"Saat ini kami sedang bergerak ke depan di mana kami dapat hidup bersandingan dengan Covid -19 tanpa pembatasan aktivitas yang ketat"

stp.gov.sg
Singapura 

SUDAH nggak sabar ingin liburan ke luar negeri? Kabar gembira nih buat warga Indonesia karena Singapura resmi mengumumkan peluncuran Vaccinated Travel Lane (VTL) dengan Indonesia.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk perjalanan melalui jalur VTL ini akan dimulai dari 22 November 2021, dan wisatawan yang telah divaksinasi penuh dari Indonesia dapat berkunjung ke Singapura tanpa karantina mulai 29 November 2021.

Hal Ini merupakan bagian dari strategi Singapura yang secara bertahap membuka pintu kembali sehingga para wisatawan yang telah divaksinasi dapat mengunjungi Singapura baik untuk berlibur atau berbisnis.

Pusat Informasi Singapura di Orchard Road
Pusat Informasi Singapura di Orchard Road (wikipedia)

Jalur VTL ini hanya berlaku untuk perjalanan dari Indonesia ke Singapura. VTL diluncurkan pertama kali pada 8 September 2021 untuk Brunei Darussalam dan Jerman.

Setelahnya, Singapura memperluas program VTL ke 21 negara/wilayah regional, termasuk Indonesia.

Skema VTL telah berhasil mendatangkan wisatawan untuk mengunjungi Singapura sambil tetap menjaga kasus Covid-19 dari pendatang seminimal mungkin.

Baca juga: Singapura Menghidupkan Kembali Pariwisatanya, Ajak Warga Indonesia Berkunjung Melalui Seni

Melalui skema VTL ini Singapura telah menerima kedatangan hampir 18.000 wisatawan, dimana hanya ada 17 kasus positif Covid-19 yang terjadi, per tanggal 7 November 2021.

Melalui keterangan tertulis dari Singapore Tourism Board (STB) pada Selasa (16/11/2021) menyebutkan,  untuk memasuki Singapura di bawah skema VTL, wisatawan harus memberikan bukti vaksinasi lengkap, wajib menunjukan hasil tes PCR atau tes Antigen-Rapid Test (ART) dengan hasil negatif yang telah dilakukan dalam waktu 2 hari sebelum keberangkatan ke Singapura, dan melakukan tes PCR pada saat kedatangan.

Baca juga: Ini Tujuh Pusat Kuliner Wajib Coba Saat Berlibur ke Singapura Jika Pandemi Covid-19 Selesai

Selain itu, sebelum keberangkatan ke Singapura, para wisatawan juga harus berada di satu atau lebih dari negara/wilayah regional yang masuk ke dalam daftar VTL dalam 14 hari terakhir dan hanya menggunakan penerbangan khusus VTL (VTL flights) ke Singapura dari Jakarta.

Untuk mengetahui mengenai aplikasi dan informasi terkait mengenai VTL dapat diakses pada situs https://safetravel.ica.gov.sg/vtl/requirements-and-process.

Baca juga: Singapura Menata Kembali Pariwisatanya, Gelar SingapoReimagine MICE Virtual Show

John Gregory Conceicao, Executive Director, Southeast Asia STB, mengatakan  Singapura telah menangani Covid-19 dengan standar keamanan dan kebersihan yang ketat.

"Saat ini kami sedang bergerak ke depan di mana kami dapat hidup bersandingan dengan Covid -19 tanpa pembatasan aktivitas yang ketat sambil menjaga kesehatan penduduk setempat dan wisatawan," ujarnya

Singapore saat malam
Singapore saat malam (istimewa)

Skema VTL, kata John merupakan bagian dari rencana pemerintah Singapura untuk membuka kembali perbatasan secara bertahap dan dengan tingginya tingkat vaksinasi di Singapura, hal ini sangat memungkinkan untuk kembali
menyambut para wisatawan.

Baca juga: Eksis Sejak 1919, Kiliney Kopitiam Jadi Destinasi Favorit untuk Menikmati Kopi di Singapura

"Bagi kami, ini merupakan awal yang baik untuk industri pariwisata dan kami berharap skema VTL ini dengan pasar sumber utama seperti Indonesia akan membawa banyak dampak positif yang sangat dibutuhkan untuk kebangkitan bisnis pariwisata di Singapura," kata John. (Tribun Jabar/Putri Puspita)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved