Sempat Viral Tentang Lembang Park and Zoo Kebanjiran Hingga Kuda Terendam, Ini Penjelasan Pengelola

"Kalau kemarin kan gak bisa diprediksi, karena hujan lebat ternyata ada batang pohon yang jatuh dan masuk ke gorong-gorong"

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Manajer Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto saat menunjukan kuda yang sempat terendam banjir 

BENCANA banjir sempat menerjang kawasan objek wisata Lembang Park and Zoo di Jalan Kolonel Masturi, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga viral di sosial media.

Banjir yang berdampak terhadap objek wisata itu terjadi pada Selasa (2/11/2021) sore. Berdasarkan video yang beredar terlihat air bercampur sampah mengalir deras masuk ke area objek wisata, bahkan ada satu ekor kuda yang turut terendam.

Manajer Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto mengatakan, banjir tersebut sebetulnya akibat ada batang pohon yang menyangkut di saluran air, sehingga airnya meluap ke kawasan objek wisata.

Lembang Park Zoo
Lembang Park Zoo (tribunnews/instagram@lembang park_zoo)

"Air meluap gak lama, ketika batang pohon yang menyangkut ditarik, langsung surut lagi. Satu hari kemarin tutup kita bersihkan area. Dan itu di satu titik ini aja, yang lainya masih aman," ujarnya di Lembang Park and Zoo, Kamis (4/11/2021).

Mengenai adanya seekor kuda yang viral karena turut terendam banjir, Iwan memastikan, kuda tersebut masih selamat dan saat ini kondisinya masih baik-baik saja.

Baca juga: Pengunjung Bandung Zoological Garden Terus Diingatkan Sekuriti untuk Menaati Protokol kesehatan

"Kudanya masih baik-baik saja, namanya Venout, masih ada di sini dan dia sehat. Di tempat kita juga satwanya sehat, gak ada yang sampai terlepas atau yang lainnya," kata Iwan.

Iwan mengatakan, banjir tersebut akibat luapan air saja, bahkan luapan air yang menerjang kawasan objek wisata ini tidak terlalu lama dan langsung surut kembali.

Baca juga: Pengelola Lembang Park Zoo Khawatir PPKM Diperpanjang, Selama Ini Pegunjung Turun Hingga 70 Persen 

Sedangkan untuk antisipasi agar kejadian yang sama tidak kembali terulang, pihaknya akan berkoordinasi dengan warga setempat untuk menyediakan tempat pembuangan sampah.

Lembang Park Zoo
Lembang Park Zoo (tribunnews/instagram@lembang park_zoo)

"Kalau kemarin kan gak bisa diprediksi, karena hujan lebat ternyata ada batang pohon yang jatuh dan masuk ke gorong-gorong ," ucapnya.

Selama musim hujan pihaknya juga menyediakan night band atau tempat tidur satwa, sehingga saat turun hujan deras, semua bintang yang ada di objek wisata itu sudah pasti berada di dalam kandangnya. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved