Akan Dilakukan Buka Tutup Jalan Kolonel Masturi Menuju Objek Wisata Lembang Mengantisipasi Longsor

"Nanti akan ditempatkan juga personel Dikyasa di sepanjang jalur tersebut untuk memantau kondisinya selama libur akhir pekan"

dokumentasi warga
Warga dan polisi melakukan pengaturan buka tutup di Jalan Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat akibat longsor 

POLISI bakal melakukan skema buka tutup di jalur alternatif menuju objek wisata Lembang, tepatnya di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi potensi longsor susulan dari tebing setinggi 20 meter di sisi jalan karena akses jalan tersebut sempat diterjang longsor, Selasa (2/11/2021) malam hingga aksesnya terputus.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Heriduansyah mengatakan, skema buka tutup Jalan Kolonel Masturi itu akan dilakukan secara situasional dengan melihat kondisi cuaca.

Upaya mengantisipasi longsor di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Upaya mengantisipasi longsor di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (dokumentasi warga)

"Jika kondisi cuaca cerah maka tetap akan dibuka, namun kendaraan besar dilarang untuk melintasi jalur tersebut. Kalau hujan deras ditutup karena Jalan Kolonel Masturi ini masih rawan longsor," ujarnya saat dihubungi, Jumat (5/11/2021).

Erin mengatakan, polisi tidak mau ambil risiko, sehingga jalur alternatif ini dilakukan skema buka tutup. Kemudian untuk kendaraan semuanya akan diarahkan untuk melewati jalur arteri.

Untuk saat ini, kata Erin, jalan Kolonel Masturi sudah dibuka lagi, tetapi hanya untuk kendaraan berukuran kecil saja yang boleh melintas.

"Jalan Kolonel Masturi tetap dibuka tapi untuk kendaraan kecil dan selektif. Jadi kalau hujan besar langsung dilaksanakan penutupan karena masih rawan longsor," kata Erin.

Selain melakukan buka tutup, pihaknya juga bakal melibatkan unsur relawan, pihak desa, hingga karang taruna untuk melakukan pengawasan di jalur tersebut karema masih ada kendaraan besar seperti bus dan truk yang memaksa lewat. 

"Nanti akan ditempatkan juga personel Dikyasa di sepanjang jalur tersebut untuk memantau kondisinya selama libur akhir pekan," ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo mengatakan, untuk sementara wisatawan yang akan berlibur ke objek wisata Lembang, jangan memaksakan melintasi jalur yang rawan longsor, terutama Jalan Kolonel Masturi.

"Kalau hujan, ya sama seperti pihak kepolisian jalur ini akan kita tutup. Khawatir material longsor dari atas akan memutus jalan lagi," kata Duddy. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

 

 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved