Setiap Kamar di Cartel Hotel Desain Interiornya Berbeda-beda, Salah Satunya Karya Ridwan Kamil

"Saya kebayang nanti produk yang saya desain bisa ditempel di dinding begitu. Jadi, tidak perlu lagi buat desain baru di dinding"

Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Daniel Mananta di Creative Restart Hotel (Cartel) di Jalan Ir H Juanda No 92, Kota Bandung. 

SALAH satu desain karya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bakal diaplikasikan dalam salah satu kamar hotel di Kota Bandung.

Gubernur yang juga arsitek ini memiliki banyak karya, dan salah satunya akan menghiasi dinding kamar hotel Creative Rest Art Hotel (Cartel) di Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung.

Hotel milik Daniel Mananta itu mengusung konsep art yang dikolaborasikan dengan sejumlah kreator atau seniman Kota Bandung.

Creative Restart Hotel (Cartel) di Jalan Ir H Juanda No 92, Kota Bandung.
Creative Restart Hotel (Cartel) di Jalan Ir H Juanda No 92, Kota Bandung. (dok Cartel Hotel)

Setiap kamar hotel tersebut, memiliki desain berbeda-beda, sehingga memberikan pengalaman baru bagi wisatawan yang menginap.

"Saya kebayang nanti produk yang saya desain bisa ditempel di dinding begitu. Jadi, tidak perlu lagi buat desain baru di dinding," ujar Emil, saat ditemui di Jalan Ir H Juanda, belum lama ini.

Baca juga: Aneka Kuliner Nusantara Lezat dan Berkelas ini Disajikan di Padamu Negeri Sambil Memandang Bandung

Menurutnya, Cartel Hotel dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang liburan ke Bandung dengan suasana berbeda.

"Saya melihat hotel seni sudah pernah. Tapi, kalau hotel dengan seni berbeda di setiap kamar baru pertama kali. Hotel seperti ini akan dicari, karena memberikan pengalaman baru bagi wisatawan. Ini layak ditiru oleh yang lain," katanya.

Salah satu menu kue tradisional di Kafe Padamu Negeri
Salah satu menu kue tradisional di Kafe Padamu Negeri (dok Kafe Padamu Negeri)

Daniel Mananta menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan satu kamar untuk didesain khusus oleh Ridwan Kamil.

"Saya menyambut baik ini. Saya harap nanti salah satu kamar kami bisa diisi karya-karya Kang Emil. Nanti ke depannya juga bisa dengan kreator lokal, "ujar Daniel.

Untuk kapasitas hotel ini total ada 20 kamar. Sedangkan harga per kamar berada di kisaran Rp 500 ribu per malam.

Baca juga: Anak Usia 12 tahun Boleh Masuk Objek Wisata di Kab Bandung Barat Tapi Harus Didampingi Orang Tua

Menurut Daniel, penginapan ini mengusung tema Indonesia dan bekerja sama dengan para intelektual property (IP) creator–creator lokal Indonesia, seperti Dagelan, Tahilalats, Museum of Toys, Bumi Langit Universe, Gatot Kaca, Addydebil, dan masih banyak kreator lokal Indonesia yang berkreasi di Cartel ini sehingga setiap orang yang menginap bisa memiliki pengalaman berbeda-beda.

Tidak hanya itu, ada juga Kafe Padamu Negeri Restaurant dengan berkonsep rooftop, beserta Filosofi Kopi yang berada di lobi. Tidak ketinggalan juga toko ritel Damn! I Love Indonesia yang melengkapi lobi Cartel Hotel ini.

Baca juga: Resto Mewah Hadirkan Menu Murah di The Plaza Food and Bar Hotel Mercure Bandung City Center

Tidak hanya hotel, restoran pun dibangun dengan konsep Padamu Negeri. Dengan menyajikan makanan nusantara dari Sabang sampai Merauke yang dikemas dengan modern dan memamerkan ragam makanan khas Indonesia namun dengan cara penyajian standar Internasional. Makanan itu mulai dari mie goreng Aceh sampai lele mangut asap khas Ternate.

Barista Kafe Filosofi Kopi sedang menunjukkan keahliannya meracik dan menyajikan kopi
Barista Kafe Filosofi Kopi sedang menunjukkan keahliannya meracik dan menyajikan kopi (Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman)

"Selain hotel dengan konsep unik serta restaurant yang berkonsep rooftop, di tempat ini juga tersedia tempat hangout para anak muda bisa “ngopi”, yaitu Filosofi Kopi. Keseluruhan tempat ini, memang menyasar para anak muda, untuk menjadi tempat hangout place baru di daerah Bandung," katanya. (Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman/Cipta Permana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved