Pencinta Alam Antre untuk Datang ke Lembah Purba di Gunung Gede Pangrango Meskipun Tiketnya Mahal

"Untuk harga normalnya Rp 400 ribu, sekarang ini masa diskon 30 persen jadi total harga untuk menuju ke Lembah Purba menjadi Rp 280 ribu"

dok TNGGP
Lembah Purba di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, 

KAWASAN Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, tidak hanya memiliki jembatan Situ Gunung Suspension Bridge, Minggu (24/10/2021).

Ternyata di kawasan wisata Situ Gunung Suspension ada wisata yang bernama Lembah Purba yang mirip dengan lembah di dalam film Jurassic Park

Untuk menuju ke Lembah Purba memerlukan perjuangan baik fisik dan mental juga finansial yang bisa dibilang mahal untuk menuju ke tempat wisata 

Lembah Purba di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Kabupaten Sukabumi
Lembah Purba di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Kabupaten Sukabumi (dok TNGGP)

Salah satu guide di Kawasan Situ Gunung, Usep Suherlan mengakui bahwa untuk dapat menikmati keindahan alam Lembah Purba wisatawan harus merogoh kantong agak dalam. 

"Untuk harga normalnya Rp 400 ribu, sekarang ini masa diskon 30 persen jadi total harga untuk menuju ke Lembah Purba menjadi Rp 280 ribu," ujar Usep Suherlan, kepada Tribunjabar.id.

Baca juga: Menikmati Wisata Alam di Sevillage Cianjur dengan Berbagai Swafoto Berlatar Gunung Gede Pangrango

Usep Suharlan yang akrab dipanggil mang Ule, menjelaskan,  harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Kawasan TNGGP, tiket jembatan gantung, biaya guide, namun biaya guide bisa include ketika peserta berjumlah empat orang, kurang dari itu pesertanya maka akan dikenakan biaya guide sebesar Rp 300 ribu. 

"Yang datang ke Lembah Purba ini dibatasi per hari hanya 50 orang akan tetapi walaupun harganya mahal, peminat untuk ke  sini (Lembah Purba) sangat tinggi hingga banyak yang antre," ujarnya.

Baca juga: Pendaki Antre Naik Gunung Gede Pangrango, Jadi Tempat Favorit Pencinta Alam Saat Libur Lebaran

Lembah Purba sangat dijaga kealamiannya, dengan berjalan kurang lebih satu jam, pengunjung tidak boleh membuang sampah atau membakar sampah sepanjang perjalanan.

Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango (Tribunnews)

"Sampah harus dibawa pulang kembali, di awal perjalanan diingatkan bahwa bagi yang ingin buang air besar atau kecil, harus segera ketika di meeting point, di sana tidak boleh BAB atau kencing," ujarnya. 

Menurut Ule, rata-rata yang datang ke sini pecinta alam, yang memang menjaga alam bukan merusaknya, sehingga ketika melihat Lembah Purba ini seperti melihat lembah di film Jurassic Park. (Tribun Jabar/Dian Herdiansyah)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved