Motif Kapal Kandas Jadi Ciri Khas Batik Kaoman Indramayu, Punya Filosofi Tersendiri

motif kapal kandas sudah dipatenkan melalui hak atas kekayaan intelektual (HAKI) sebagai batik khas Kabupaten Indramayu

Tribun Cirebon/Handhika Rahman
Batik Paoman khas Indramayu bermotif kapal kandas 

MOTIF kapal kandas menjadi primadona dari Batik Paoman khas Kabupaten Indramayu. Batik ini memiliki ciri khusus karena sangat identik, batik tersebut diadopsi dari letak geografis masyarakat pesisir Indramayu yang merupakan nelayan.

Pemilik Batik Paoman Art, Siti Ruminah Sudiono, mengatakan, motif kapal kandas ini merupakan gambaran dari kisah hidup masyarakat pesisir yang sehari-hari dekat dengan kehidupan di laut sebagai sumber mata pencaharian utama.

"Motif kapal kandas ini juga punya filosofi dan sejarahnya sendiri," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (20/10/2021).

Pusat penjualan batik Dermayon di Batik Paoman Art Jalan Siliwangi 315 A, Indramayu
Pusat penjualan batik Dermayon di Batik Paoman Art Jalan Siliwangi 315 A, Indramayu (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Siti Ruminah Sudiono menceritakan, dari motif kapal kandas ini mengisahkan seorang nelayan yang pergi melaut 2-3 bulan lamanya.

Di rumah, keluarga mendoakan agar nelayan tersebut selamat dan membawa hasil tangkapan ikan yang melimpah. "Ini suatu rangkaian doa," ujar dia.

Baca juga: Bupati Kuningan Ajak Pelajar SD Hingga SMA Melestarikan Batik Kuningan

Masih dijelaskan Siti Ruminah Sudiono, kapal kandas sendiri berarti semoga tidak karam atau terbalik, dengan tujuan, meminta keselamatan dari marabahaya.

Dikatakan Siti Ruminah Sudiono, untuk mengetahui filosofi atau makna dari motif Batik Paoman memerlukan riset yang tidak sebentar.

Baca juga: Mengenakan Batik Tidak Akan Pernah Bosan, Batik Tidak Lekang oleh Waktu

Ia bahkan harus berkeliling mencari para perajin batik tulis, baik dari kalangan pembatik muda maupun tua. Dari sana didapat kesimpulan dari motif batik yang mereka buat.

Saat ini, motif kapal kandas sudah dipatenkan melalui hak atas kekayaan intelektual (HAKI) sebagai batik khas Kabupaten Indramayu.

Baca juga: Pantai Tirta Ayu, Dulu Sempat Terbengkalai Kini Terlahir Kembali, Wisata Indah Dekat Kota Indramayu

Secara keseluruhan ada sebanyak 50 motif batik Paoman yang sudah dipatenkan. "Kalau keseluruhan itu Batik Paoman ada sebanyak 164 motif," ujarnya. (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved