Nasi Jamblang Ibu Nur Jadi Tujuan Kuliner Favorit di Kota Cirebon, Harganya Terjangkau

"Makan nasi Jamblang ini salah satu ritual yang harus dilakukan saat berkunjung ke Cirebon"

Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi
Sajian nasi jamblang Ibu Nur, Kota Cirebon 

SEJUMLAH pengunjung tampak mengantre untuk memesan makanan di Nasi Jamblang Ibu Nur, Jalan Cangkring, Kota Cirebon, Selasa (19/10/2021) malam. Antrean itu tetap menerapkan protokol kesehatan. Para pengunjung terlihat memakai masker dan tetap menjaga jarak.

Selain itu, plastik bening juga tampak membatasi jejeran wadah lauk pauk nasi Jamblang sehingga pengunjung dapat memilih langsung menu yang diinginkannya.

Para pramusaji juga terlihat sigap mengambilkan lauk yang diinginkan pengunjung untuk disantap bersama nasi yang dikemas dalam daun jati tersebut.

Baskom-baskom berisi lauk pauk di  Nasi Jamblang Ibu Nur, Jalan Cangkring, Kota Cirebon
Baskom-baskom berisi lauk pauk di Nasi Jamblang Ibu Nur, Jalan Cangkring, Kota Cirebon (Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi)

Nantinya, para pengunjung dapat menikmati kelezatan kuliner khas Cirebon itu di bangku yang disediakan. Bahkan, kursi dan meja pengunjung juga tersedia di lantai dua.

Seorang pengunjung, Mahran Zein (32), tampak antusias saat memilih lauk pauk yang akan disantapnya. Ia terlihat memilih blekutak (cumi-cumi), perkedel, ikan asin, sambal, sayur tahu, dan telur dadar.

Baca juga: Objek Wisata Antigalau Talaga Langit di Mundu, Cirebon Dilengkapi Padepokan untuk Belajar Ilmu Agama

Menu tersebut merupakan favorit pengunjung asal Mampang, DKI Jakarta itu. Ia kerap menyantapnya saat bertandang ke Kota Udang.

"Makan nasi Jamblang ini salah satu ritual yang harus dilakukan saat berkunjung ke Cirebon," ujar Mahran Zein sambil menikmati Nasi Jamblang Ibu Nur.

Baca juga: Wihara Dewi Welas Asih di Kota Cirebon Ini Bukan Sekadar Tempat Ibadah Tapi Juga Destinasi Wisata

Ia mengaku Nasi Jamblang Ibu Nur merupakan salah satu tempat favoritnya untuk melahap kuliner khas Cirebon tersebut.

Bahkan, Mahran juga kerap memesan tahu gejrot sebagai hidangan penutup seusai menyantap seporsi nasi Jamblang.

"Saya sering ke Cirebon, karena ada saudara, dan nasi Jamblang ini menu favorit yang harus disantap selain tahu gejrot, empal gentong, dan lainnya," kata Mahran Zein.

Baca juga: Serunya Malam Mingguan Sambil Menonton Film Layar Lebar di Green House Kopi Cirebon

Pengunjung lainnya, Didi (46), mengatakan, dari sisi harga sajian nasi Jamblang pun cukup terjangkau.

Sebab, kata Didi, hanya Rp 30 ribu dapat menikmati lauk pauk yang cukup mewah, di antaranya, daging sapi, sayur tahu, telur dadar, sambal, dan lainnya yang merupakan menu favoritnya.

Karenanya, warga Subang itu pun kerap menyantap nasi Jamblang ketika mengunjungi kakaknya yang kini menetap di Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Lezatnya Santap siang dengan Menyantap Buntut Gongso dan Minum Segarnya Cucumber Orange di Cirebon

"Saya punya beberapa tempat favorit untuk menikmati nasi Jamblang, yakni Ibu Nur, Mang Dul, Pelabuhan, dan Jalan Kolektoran," ujar Didi.

Ia mengaku, tempat-tempat tersebut merupakan lokasi favorit untuk menyantap nasi Jamblang pada pagi, siang, sore, dan malam hari.

Nasi Jamblang Ibu Nur, di Jalan Cangkring, Kota Cirebon
Nasi Jamblang Ibu Nur, di Jalan Cangkring, Kota Cirebon (instagram@nasijamblangibunur)

Misalnya, jika Didi tiba di Cirebon pada pagi atau siang hari maka tempat favoritnya adalah Nasi Jamblang Pelabuhan yang berada persis di Pintu 3 Pelabuhan Cirebon.

Sementara saat tiba di Cirebon pada sore hari nasi Jamblang di Jalan Kolektoran adalah tempat andalan yang ditujunya untuk menikmati kuliner itu.

Baca juga: Menikmati Teh Atau Kopi Sambil Bersantai di Restoran Tamansari Hotel Santika Cirebon

"Kalau malam biasanya ke Ibu Nur atau Mang Dul, karena setiap tempat jam operasionalnya berbeda sehingga kapanpun saya tiba di Cirebon tetapnbisa menikmati nasi Jamblang," kata Didi. (Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved