Bersantai di Antara Pinus Karibia di Wana Wisata Pokland Cianjur, Banyak Spot instagramable

"Wana wisata ini menjadi primadona. Karena satu-satunya wana wisata di Cianjur yang menggunakan konsep wisata hutan pinus"

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Wisata Pongpok Landak atau Pokland Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur 

TEGAKAN pohon pinus karibia hanya terdapat di wisata Pongpok Landak atau Pokland Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Selain tegakan pohon pinus karibia, pengelola wisata juga membangun beberapa spot swafoto seperti yang langsung berhadapan dengan Sungai Citarum.

Kawasan wisata ini memiliki luas 20 hektare. Lokasi wisata ini diresmikan pada 27 Januari 2017.

Pengunjung bersantai di hammock di Wisata Pongpok Landak (Pokland) Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.
Pengunjung bersantai di hammock di Wisata Pongpok Landak (Pokland) Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Selain pemandangan indah, wana wisata ini memiliki banyak spot yang instagramable, seperti spot “cinta” yang bisa dijadikan foto dengan pasangan.

Ada juga beberapa fasilitas lain seperti bumi perkemahan, rumah pohon, tempat bermain anak, dan museum tani.

Baca juga: Bukit Tandus Bekas Galian Pasir di Desa Cibaregbeg Cianjur Disulap Jadi Objek Wisata Kebon Hejo

Pengelola Wana Wisata Pokland, Ayi Juanda mengatakan, pengunjung yang datang ke Pokland mencapai ribuan orang dalam seminggu. Bahkan pada momen tertentu, terutama hari libur nasional atau libur panjang hari raya, ratusan pengunjung memadati wana wisata tersebut.

"Wana wisata ini menjadi primadona. Karena satu-satunya wana wisata di Cianjur yang menggunakan konsep wisata hutan pinus dengan banyak spot foto, istirahat, dan fasilitas," ujar Ayi saat ditemui di Wana Wisata Pokland.

Wisata Pongpok Landak atau Pokland Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.
Wisata Pongpok Landak atau Pokland Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Sayangnya, di masa pandemi ini tingkat kunjungan wisatawan terus menurun. Bahkan jumlah pengunjung yang datang hanya puluhan orang per harinya.

"Alasannya karena saat ini banyak bermunculan tempat wisata baru yang obyeknya sama. Kalau dulu waktu launching Pokland belum ada saingan, kecuali tempat wisata seperti kolam renang. Tapi sekarang hampir di setiap wilayah ada wisata dengan konsep serupa," katanya.

Baca juga: Pantai Karangpotong Cianjur Jadi Jawaban untuk Para Traveler yang Mendamba Keindahan Samudra Hindia

Kendati begitu, lanjut Ayi, pihaknya tidak merasa tersaingi dengan keberadaan wisata yang serupa. Sebab Wana Wisata Pokland menjadi pelopor dan inspirasi bagi wana wisata perhutani lain.

jalan menuju Wisata Pongpok Landak atau Pokland Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.
jalan menuju Wisata Pongpok Landak atau Pokland Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Untuk kembali mendongkrak tingkat pengunjung, rencananya pengelola Pokland akan menambahkan lagi wahana seperti kolam renang, dan hingga gazebo Joko Widodo. Sebab beberapa waktu lalu, Presiden RI sempat datang untuk meninjau sekaligus menyerahkan dokumen agraria yang menjadi program pemerintah pusat.

Baca juga: Es Shanghai di Cianjur Ada Kismisnya, Rasanya Manis Menyegarkan, Cocok untuk Buka Puasa

"Kami harap bisa ada peningkatan jumlah kunjungan dengan wahana yang baru," katanya. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved