Ada Museum Dukun Santet di ObJek Wisata Talaga Langit yang Berada di Seberang Bukit Cinta Antigalau

"Atas nama Pemprov Jabar, kami menyampaikan terima kasih kepada Kang Ujang yang telah mendorong akselerasi Jabar Juara Lahir Batin"

Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi
Spot foto Danau Siliwangi di areal obyek wisata Talaga Langit di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon 

WAKIL Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, meresmikan obJek wisata Talaga Langit di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Senin (18/10/2021).

Uu tampak menandatangani prasasti peresmian obyek wisata milik YouTuber sekaligus Pengasuh Padepokan Antigalau, Ustaz Ujang Busthomi, tersebut.

Selanjutnya ia dan Kang Ujang Busthomi pun memotong untaian melati tepat di pintu masuk menuju areal kolam renang yang menghadap langsung ke Situ Patok.

Talaga Langit di Desa Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon
Talaga Langit di Desa Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon (Foto Biro Adpim Jabar)

Selain itu, Kang Ujang Busthomi juga memotong tumpeng dan menyerahkannya ke Uu yang juga dikenal sebagai Panglima Santri tersebut.

Uu menyampaikan, kehadiran Talaga Langit merupakan dukungan untuk mewujudkan visi misi Jabar Juara Lahir Batin. Apalagi, Ujang Busthomi membangun obJek wisata itu tanpa bantuan maupun sentuhan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Objek Wisata Antigalau Talaga Langit di Mundu, Cirebon Dilengkapi Padepokan untuk Belajar Ilmu Agama

"Atas nama Pemprov Jabar, kami menyampaikan terima kasih kepada Kang Ujang yang telah mendorong akselerasi Jabar Juara Lahir Batin," kata Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui seusai kegiatan.

Uu juga menitipkan agar pengelola Talaga Langit benar-benar memastikan penerapan protokol kesehatan di areal objek wisata. Di antaranya, pemakaian masker, jaga jarak antarpengunjung, dan lainnya.

Baca juga: Objek Wisata baru di Kabupaten Cirebon, Bukit Antigalau Mundu, Pemandangan Indah yang Terhampar

Ia juga berpesan agar sarana penunjang protokol kesehatan disiapkan di Talaga Langit. Misalnya, wastafel yang dilengkapi sabun antiseptik untuk cuci tangan, penyediaan hand sanitizer di sejumlah titik, dan lainnya.

"Pemprov Jabar mendukung pemulihan ekonomi melalui pariwisata, tapi kami mohon protokol kesehatannya jangan dilupakan," ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (ketiga kiri), bersama Ustaz Ujang Busthomi (kedua kanan), saat meresmikan obyek wisata Talaga Langit di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Senin (18/10/2021).
Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (ketiga kiri), bersama Ustaz Ujang Busthomi (kedua kanan), saat meresmikan obyek wisata Talaga Langit di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Senin (18/10/2021). (Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi)

Talaga Langit berada persis di seberang obyek wisata Bukit Cinta Antigalau yang juga merupakan milik Ustaz Ujang Busthomi.

Namun, Talaga Langit menyajikan konsep wisata berbeda dengan Bukit Cinta Antigalau yang menawarkan pengunjung menikmati pemandangan Cirebon dari atas bukit.

Baca juga: Serunya Malam Mingguan Sambil Menonton Film Layar Lebar di Green House Kopi Cirebon

Sementara Talaga Langit menghadirkan beberapa kolam pemandian yang menyajikan pemandangan Situ Patok dan wilayah Cirebon.

Selain itu, terdapat pula beragam wahana, spot swafoto, goa cinta, Danau Siliwangi, restoran, dan museum dukun santet yang menjadi andalan objek wisata tersebut.

Baca juga: Lezatnya Santap siang dengan Menyantap Buntut Gongso dan Minum Segarnya Cucumber Orange di Cirebon

"Kami menyiapkan 12 spot swafoto yang Instagramable di Talaga Langit, dan kami juga berencana mengembangkan kawasan ini untuk menambah wahana," kata Pemilik Talaga Langit, Ujang Busthomi.

Salah satu spot foto favorit di Talaga Langit ialah Danau Siliwangi yang berada di depan areal restoran. Dua kolam besar yang bagian tengahnya terapat jalan sehingga dapat dilalui pengunjung.

Sejumlah pengunjung berfoto di salah satu spot foto areal Obyek Wisata Bukit Antigalau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Sabtu (4/9/2021).
Sejumlah pengunjung berfoto di salah satu spot foto areal Obyek Wisata Bukit Antigalau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Sabtu (4/9/2021). (Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi)

Selain itu, permukaan kolamnya juga tampak terdapat hiasan yang jika dilihat dari atas maka membentuk siluet wajah harimau. Sementara di ujung danau itu terdapat panggung kecil yang dihiasi berbagai ornamen dari mulai payung, umbul-umbul, ayunan, dan lainnya.

Latar belakangnya tampak dihiasi bambu yang dibentuk hingga menyerupai matahari terbit dan tulisan besar "Danau Siliwangi Antigalau."

Baca juga: Di Griya Hidroponik Cirebon Pengunjung Bisa Memanen Sendiri Sayuran dan Berswafoto dalam Rumah Hijau

"Talaga Langit dibuka untuk umum mulai 21 Oktober 2021, dan operasionalnya dari pukul 07.00 - 18.00," ujar Ujang Busthomi. (Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved