Bupati Kuningan Ajak Pelajar SD Hingga SMA Melestarikan Batik Kuningan

"Dengan ditandatanganinya MoU tersebut semoga hasil karya Batik Kuningan bisa dipasarkan melalui perusahaan retail yang ada di Kuningan"

Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Bupati Kuningan H Acep Purnama sedang membatik dalam kegiatan coaching clinic membatik di halaman Setda Kuningan, Rabu (13/10/2021) 

BUPATI Kuningan, H Acep Purnama, mengenalkan batik kepada kalangan pelajar di Kuningan dalam rangka Hari Batik Nasional, pekan lalu.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) pun menggelar coaching clinic klinik pelatihan) membatik bagi pelajar SD,SMP,SMA dan sederajat di Halaman Setda Kabupaten Kuningan, Rabu (13/10/2021).

"Melalui kegiatan coaching clinic membatik bagi para pelajar SD,SMP,SMA dan sederajat, semoga generasi penerus dapat mencintai keberagaman budaya bangsa," kata Acep Permana.

Bupati Kuningan H Acep Purnama melihat hasil kerajinan batikl Kuningan di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Rabu (13/10/2021)
Bupati Kuningan H Acep Purnama melihat hasil kerajinan batikl Kuningan di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Rabu (13/10/2021) (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Batik, kata Acep, sudha ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia. Oleh karena itu seluruh elemen masyarakat wajib melestarikan batik, salah satunya melalui kegiatan Coaching Clinic seperti ini.

Dalam kegiatan Coaching Klinik itu juga, Dekranasda Kabupaten Kuningan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau saling kesepahaman dengan sejumlah toko modern di Kuningan, seperti Toserba Fajar, Toserba Surya,Toserba Yogya serta toko serba ada lainnya.

Baca juga: Mengenakan Batik Tidak Akan Pernah Bosan, Batik Tidak Lekang oleh Waktu

"Dengan ditandatanganinya MoU tersebut semoga hasil karya Batik Kuningan bisa dipasarkan melalui perusahaan retail yang ada di Kuningan dan desain batik yang bagus akan dijadikan goody bag untuk para warga yang berbelanja agar mengurangi sampah plastik," katanya. (Tribun Cirebon Ahmad Ripai)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved