Kafe Bukit 21 Awalnya Semak Belukar, Kini Jadi Tempat Kuliner Bernuansa Taman Dikelola Warga

"Memang di sini asalnya semak belukar, dan jarang orang yang mau ke sini. Setelah jadi taman baru banyak yang mau ke sini"

Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Kafe Bukit 21 di Komplek Bukit Mekar Indah, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung 

KAFE Bukit 21 ini berada di KomplekS Bukit Mekar Indah, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Awalnya lokasi kafe tersebut merupakan semak belukar namun oleh warga diubah menjadi taman.

Suasana Kafe Bukit 21 memangmenyuguhkan, suasana taman yang nyaman ditata dengan sedemikian rupa, terdapat spot foto di beberapa titiknya, dan dilengkapi dengan live music.

Selain itu banyak pilihan makanan dan minuman yang disuguhkan, mulai dari makanan tradisional hingga moderen, seperti kopi, jus, serabi, sosis bakar dan lainnya. Bahkan terdapat spot permainan anak, seperti prosotan.

Suasana di Kafe Bukit 21 di Komplek Bukit Mekar Indah, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung
Suasana di Kafe Bukit 21 di Komplek Bukit Mekar Indah, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

Kafe Bukit 21 tersebut dikelola oleh warga sekitar, makanan yang disajikan merupakan olahan dari UMKM, yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi warga setempat.

Menurut Ketua RT 04, Dindin Nasrudin, taman tersebut telah dibuat sekitar dua bulan lalu, berada di tanah fasilitas umum RW 21.

Baca juga: Kafe Nyaman Tempat Kongko Para Milenial di Jalan Halmahera Bandung, Dekat Lapangan Olahraga Saparua

"Memang di sini asalnya semak belukar, dan jarang orang yang mau ke sini. Setelah jadi taman baru banyak yang mau ke sini," kata Dindin, di Taman Bukit 21, Jumat (8/10/2021) malam.

Dindin mengatakan, meski setelah jadi taman untuk malam hari, orang masih enggan untuk ke sini.

"Tapi alhamdulillah, setelah jadi Kafe Bukit 21, banyak warga yang ke sini. Kafe ini buka hanya Jumat dan Sabtu malam, itu supaya tak bosan," katanya.

Baca juga: Nongkrong di Kopi Ulin, Sajikan Ngopi Ala Kafe di Pinggir Jalan Kawasan Kota Tua Indramayu

Para pengunjung yang datang tak hanya anak muda, ibu-ibu dan bapa-bapa yang membawa anaknya pun terlihat asik menikmati suasana dan makanan yang ada.

Harga makanan dan minuman yang disajikan mulai dari ribuan hingga puluhan ribu. Tentu harganya enteng di kantong.

Menurut Dindin, memang didirikan kafe ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, baru dibuka sekitar satu bulan lalu.

Baca juga: Ini Rekomendasi Menu Makanan yang Bisa Dipesan di Sejumlah Kafe Hits Kota Bandung

"Yang jualan di sini UMKM, ada yang awalnya nganggur dan yang baru di PHK, lalu mereka dagang di sini," ucapnya.

Kini di kafe tersebut, terlihat masih ada peluasan dan pembenahan taman, seperti di sebelah utara terdapat pemuda yang sedang melakukan dekorasi spot foto dan tempat duduk.

"Mudah-mudahan ini bisa berkembang, dan membatu ekonomi masyarakat sekitar," ucapnya. (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved