Angkringan Si Mbok di Palabuhanratu Ini Laris Manis Setiap Malam, Nasi Terinya Lezat Mantap

"Nasi cumi asin Rp 7.000, nasi teri Rp 3.000, yang tusukan-tusukan semua Rp 3.000, tahu tempe Rp 1.000, sayap Rp 3.000, ceker Rp 5.000 tiga potong"

Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Salah satu angkringan di kawasan kuliner malam Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi 

SETIAP malam pemandangan di pinggir Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berubah jadi tempat kuliner.

Terdapat berbagai jenis jajanan makanan yang bisa dinikmati, salah satunya angkringan yang memiliki rasa makanan bak di restoran.

Angkringan Nasi Kucing Khas Jogja Si Mbok dengan slogan "Ketika Hidup untuk Madang (makan)" di seberang Koramil 2202.

Pegawai angkringan Si Mbok, Apandi dan Abdul terlihat sibuk melayani pelanggan yang terus berdatangan, Senin (20/9/2021) malam. Saking tak hentinya pelanggan datang, tempat duduk pun penuh dan sebagian pelanggan duduk di emperan.

kawasan kulimner malam di Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi,
kawasan kulimner malam di Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Apandi mengatakan, angkringan ini buka mulai pukul 17.00 hingga  20.00 WIB. Di angkringan ini terdapat sejumlah makanan dengan harga terjangkau.

Di antaranya nasi kucing, nasi cumi asin, nasi teri, makanan serba ditusuk yaitu telor puyuh, baso ikan, usus, ati ampela, serta ada sayap, tahu tempe dan ceker ayam bakar. Tak hanya makanan, terdapat juga minuman dingin hangat.

"Nasi cumi asin Rp 7.000, nasi teri Rp 3.000, yang tusukan-tusukan semua Rp 3.000, tahu tempe Rp 1.000, sayap Rp 3.000, ceker Rp 5.000 tiga potong," kata Apandi.

Baca juga: Menu Murah Meriah Lezat Malam Hari di Angkringan Khas Yogyakarta yang Hadir di Kota Kembang

Pelanggan cukup menunggu 3 menit untuk proses pembakaran makanan yang telah dipesan. Pembakaran menggunakan arang dengan api sedang.

"Dibakar cuma anget doang karena sudah dimasak, paling 3 menit bakarnya," ucapnya.

Dalam proses pembakaran, makanan serba ditusuk, tahu tempe, sayap dan ceker ayam terlebih dulu sudah diberi bumbu yang disebut bumbu bacam. 

Baca juga: Jagung Bakar Doel, Kuliner Malam di Jalan Dago Harganya Kaki Lima Rasanya Bintang Lima

Tribunjabar mencoba mencicipi beberapa makanan, yakni nasi teri, telor puyuh dan baso cilok. Ternyata teri dibuat terpisah dalam penyimpanan di dalam bungkusan nasi. Teri dibungkus lagi menggunakan daun pisan yang disimpan di atas nasi. Apandi mengatakan, bumbu dalam nasi teri ada pada ikan asin terinya.

Bukan main, rasanya memang tidak kalah seperti di restoran, rasa nasi teri, bakso cilok, dan telor puyuh ini memang lezat.

Tekstur ketiga makanan ini lembut dan terdapat rasa gurih. Anehnya, asin terin tidak terlalu asin, lebih berasa gurih. Tak hanya itu, meskipun terlihat kecil, porsi nasi teri ini padat sehingga membuat kenyang.

Baca juga: Ayam Crisbar Hadirkan Cara Baru Nikmati Ayam Krispi yang Dibakar, Jadi Menu Hits Mahasiswa Bandung

Angkringan yang sudah buka lebih dari tiga tahun ini hanya menerima pesanan online melalui nomor telepon, bukan aplikasi. Namun, dalam pembayarannya bisa menggunakan aplikasi pembayaran online.

Dalam sehari, tidak banyak angkringan yang dibawa, paling banyak pedagang hanya membawa 30 untuk setiap makanannya. Namun, cepat habis diburu pembeli. Dalam 2 jam pun terlihat nasi cumi asin sudah ludes.

"Kalau nasi cumi paling cuma bawa 15, kadang 20, nasi teri sekitar 30 porsi, yang ditusuk-tusuk 30 an bawanya," jelas Apandi.

Baca juga: Santapan Munggahan dengan Aneka Ikan dan Ayam Bakar dan Nasi Liwet dari Rumah Makan di Cirata

Salah seorang pelanggan, Sumi (30) mengatakan, ia dan keluarganya sudah berlangganan dari dulu. Selain murah, rasa yang enak membuatnya terpikat dan setiap malam selalu membeli angkringan ini.

"Sering, oh iya langganan, rasanya enak, saya jajan macem-macem, suka semua, udah lama ya, rumah deket," kata Sumi. (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved