Pantai Tirta Ayu, Dulu Sempat Terbengkalai Kini Terlahir Kembali, Wisata Indah Dekat Kota Indramayu

Lokasinya yang dekat dan harga tiket yang murah menjadi alasan utama ia memilih Pantai Tirta Ayu sebagai tempat tujuan wisata

PANTAI Tirta Ayu menambah keragaman wisata pantai yang ada di Kabupaten Indramayu. Lokasinya berada di Blok Pesisir Desa/Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Sekedar informasi, tempat wisata yang satu ini diketahui juga merupakan pantai legenda yang baru terlahir kembali.

Menurut pengelola wisata, Akmin (60) mengatakan, sempat terlantarnya Pantai Tirta Ayu dikarenakan abrasi yang melanda kawasan setempat. Sudah ada 2-3 kilometer daratan yang hilang terkena abrasi.

"Baru pada tahun 2020 kemarin kami mulai menata kembali, alhamdulillah saat itu dapat bantuan CSR dari Pertamina," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (26/9/2021).

Menurut Akmin, Pantai Tirta Ayu sudah banyak dikenal sejak dahulu. Namun, saat itu, pantai setempat belum menjadi tempat wisata. Hanya saja, ada banyak kaula muda yang sering datang ke tempat tersebut karena keindahan pantainya. Sayangnya  karena abrasi yang terus melanda, pantai setempat pun kembali tidak terawat.

Dikenalnya Pantai Tirta Ayu sebagai pantai legenda pun tidak terlepas dari kisah Siti Ayu Aminah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Buyut Nyi Mas Ayu Siti Aminah.

Makamnya dahulu berada di Pantai Tirta Ayu, namun terdampak abrasi dan dipindahkan ke pemakaman umum desa setempat.

"Siti Ayu Aminah ini dahulunya adalah penyiar agama Islam di sini," ucap dia.

Akmin menambahkan, walau baru dibuka sekitar 1 tahun lalu, Pantai Tirta Ayu rupanya mulai menjelma menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Indramayu.

Jika pada hari biasa, ada ratusan pengunjung yang datang ke pantai setempat. Namun, apabila hari libur atau weekend, pengunjung yang datang bisa mencapai ribuan.

Akmin mengatakan, yang menjadi daya tarik dari Pantai Tirta Ayu adalah karena lokasinya yang strategis, dekat dengan pusat kota Indramayu.

Pasir pantai setempat pun bersih, banyak terdapat spot foto yang instagramble, dan harga tiket yang murah. "Tarif tiket cuma dikenakan Rp 7 ribu," ujarnyaa.

Saat ini, Pantai Tirta Ayu pun masih terus ditata untuk lebih menarik daya tarik pengunjung. "Pengunjung juga banyak dari luar Indramayu, seperti dari Majalengka, Cirebon, Subang," ujarnya.

Rika Fauzia Zulfa (23) asal Kecamatan Sliyeg mengatakan, sengaja datang ke Pantai Tirta Ayu bersama teman-temannya untuk berlibur.

Lokasinya yang dekat dan harga tiket yang murah menjadi alasan utama ia memilih Pantai Tirta Ayu sebagai tempat tujuan wisata. Ia bahkan sudah berulang kali datang ke tempat wisata setempat.

"Sudah tiga kali ke sini, karena bagus sih, pemandangannya juga bagus," ujarnya. (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved