Menikmati Kesejukan Alam dan Jernihnya Air Kolam Renang di Balong Geulis, Cibugel, Sumedang

Saya mulai bangun ini tahun 2019, di atas tanah 1,7 hektare yang sebagian besar dibiarkan tetap hijau. Hanya sedikit yang dijadikan kolam renang

Tribun Jabar/Kiki Andriana
Suasana kolam renang Balong Geulis, di Cibugel, Sumedang. 

PERNAH berenang di pinggiran gunung di antara pepohonan lebat? Di Jawa Barat banyak kolam renang yang memanfaatkan air panas di kaki gunung. Seperti beragam kolam renang di dekat Gunung Guntur, Garut, kolam di dekat Gunung Galunggung, Tasikmalaya, dan kolam air panas di dekat Gunung Tampomas, Sumedang.

Namun, kolam yang satu ini unik. Bukannya menyajikan air hangat untuk melawan udara dingin pegunungan, kolam  renang di Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Sumedang, ini malah menampung air dingin.

Kolam renang ini diberi nama Balong Geulis. Balong Geulis dibangun di dataran tinggi antara hutan pinus Kareumbi dan Kebun Teh Cibubut. Balong Geulis terdiri atas kolam renang untuk dewasa dengan kedalaman 125-165 sentimeter dan untuk anak-anak dengan kedalaman 40-80 sentimeter.

Balong Geulis dibangun di dataran tinggi antara hutan pinus Kareumbi dan Kebun Teh Cibubut.
Balong Geulis dibangun di dataran tinggi antara hutan pinus Kareumbi dan Kebun Teh Cibubut. (Tribun Jabar/Kiki Andriana)

Balong Geulis berair sangat jernih. Pemilik Balong Geulis, Dadang Rohmansyah, mengatakan air kolam tak pernah memakai penjernih. Kebeningan itu, kata dia, natural.

"Maklum air gunung. Air di kolam renang ini tidak menggenang tetapi mengalir terus," kata Dadang kepada Tribun Jabar, Minggu (19/9).

Yang paling menawan dari Balong Geulis adalah kolam renang itu adalah view pegunungan Kareumbi. Warna hijau sedikit gelap sangat menyegarkan mata. Memandangnya seperti memandang lukisan raksasa. Lukisan alam.

Baca juga: Bermain Ayunan di Antara Pohon Pinus Hutan Cipacet Sumedang Nan Asri, Bikin Betah Berlama-lama

"Ke sini memang jalannya rusak. Tapi saya rasa, kalau tempat ini bagus, siapa pun akan datang. Saya mulai bangun ini tahun 2019, di atas tanah 1,7 hektare yang sebagian besar dibiarkan tetap hijau. Hanya sedikit yang dijadikan kolam renang," kata Dadang, yang mantan anggota DPRD Sumedang periode 2014-2019.

Di Balong Geulis, selain bisa berenang, berfoto adalah hal yang juga diunggulkan. Pengelola menyediakan lokasi-lokasi berfoto dengan latar belakang hijau pegunungan. 

Baca juga: Kebun Bunga dan Ternak Lebah di Tepi Bendungan Sadawarna, Sumedang,Geliat Wisata Edukasi Jabar

Pengunjung bisa naik ke sebuah tangga yang disiapkan untuk dapat latar belakang terbaik. Pengunjung juga bisa berfoto di kebun sayuran dan kandang lebah yang juga berada di area Balong Geulis.

"Kalau untuk menginap belum tersedia tempat representatif, tetapi jika mau berkemah, kami siapkan camping ground lengkap dengan tenda," kata Dadang.

Baca juga: Wedang Jahe dan Kue Balok Buatan Ismail Edwin di Tanjungsari Sumedang Laris Diserbu Pembeli

Tiket masuk ke Balong Geulis hanya Rp15 ribu per orang. Namun, jika akan berkemah, harus menyewa tenda Rp 30 ribu per malam. Tenda itu cukup untuk diisi dua hingga empat orang.

Ketika kolam dibuka untuk umum pada 2020, saat pendemi Covid-19, pengunjung banyak datang. Ketika itu Sumedang belum mengetatkan protokol kesehatan. Setiap akhir pekan, ujar Dadang, dalam sehari tidak kurang 100 pengunjung datang dari berbagai kota, termasuk dari Jabar.

"Sekarang seiring ketatnya aturan, kami mengikuti dan hormat kepada aturan yang berlaku," katanya.

Suasana kolam renang Balong Geulis, di Cibugel, Sumedang,
Suasana kolam renang Balong Geulis, di Cibugel, Sumedang, (Tribun Jabar/Kiki Andriana)

Pengunjung yang datang dari jauh, yang tak sempat menyiapkan dan membawa bekal makanan untuk disantap setelah berenang, Balong Geulis menyediakan nasi liwet khas Sunda.

Baca juga: Menikmati Nasi Merah di Tengah Kesegaran Alam Hamparan Sawah di Saung Kawangi Tanjungsari Sumedang.

"Sekalipun ada nasi liwet, kami tak pernah melarang pengunjung membawa makanan dari luar," kata Dadang, yang memperkerjakan warga sekitar di Balong Geulis. (Tribun Jabar/Kiki Andriana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved