Belum Sah ke Bandung Tanpa Menikmati Kuliner Malam Nan Lezat di Jalan Cibadak

"Pedagang yang berjualan di FCCN ini jumlahnya kurang lebih 130-an tapi karena pandemi saat ini sisa 100-an yang berjualan,"

Tribun Jabar/Putri Puspita
Suasana di pusat kuliner malam Kota Bandung di Jalan Cibadak 

BERLIBUR ke Bandung, belum sah rasanya jika belum mengunjungi Festival Cibadak Culinary Night (FCCN). Berada di sepanjang jalan Cibadak, berbagai jenis kuliner bisa Anda temukan di FCCN.

Saat siang hari, kawasan Cibadak dipenuhi dengan toko yang menjual berbagai keperluan seperti plastik, kain, botol, kerajinan, dan masih banyak lagi yang dijual dalam bentuk eceran dan grosir.

Namun, ketika senja muncul, sepanjang Jalan Ciabadak ini akan berubah menjadi pusat wisata kuliner dengan ratusan pedagang di sepanjang jalannya.

Lampion warna-warni menjadi sebuah ciri khas yang menerangi sepanjang jalan kawasan Pecinan ini.

Soto Pak Simon yang merupakan soto Bandung dengan kuah bening yang dijual di kuliner malam Jalan Cibadak, Bandung
Soto Pak Simon yang merupakan soto Bandung dengan kuah bening yang dijual di kuliner malam Jalan Cibadak, Bandung (Tribun Jabar/Putri Puspita)

Bagi Anda yang memiliki hobi kuliner pastikan menjajal satu persatu sepanjang Jalan Cibadak ini.

Suara pedagang yang bertanya mencari jajanan apa dan aroma setiap masakan karena dapurnya berada di ruang terbuka akan menemani perjalanan Anda.

Bagi yang pertama kali datang ke FCCN, pasti akan merasa bingung karena semua jenis makanan yang disajikan begitu menggugah selera.

Baca juga: Jalan Patriot Garut Akan Jadi Tempat Kuliner Malam Seperti di Kawasan Cibadak Kota Bandung

"Pedagang yang berjualan di FCCN ini jumlahnya kurang lebih 130-an tapi karena pandemi saat ini sisa 100-an yang berjualan," ujar Camat Astana Anyar, Syukur Sabar saat ditemui di Jalan Cibadak, Jumat malam (17/9/2021).

Syukur mengatakan, sebelum pandemi menghantam, sepanjang Jalan Cibadak ini begitu ramai, penuh oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Namun di masa pandemi, pedagang pun sempat berhenti berjualan teerutama saat PPKM Darurat.

Baca juga: Menikmati Perjalanan Kuliner Lokal Hingga Internasional di Sadrasa Bandung

Lalu kini, di masa PPKM level 3 pedagang di FCCN aktivitas wisata kuliner pun kembali menggeliat meskipun belum pulih seutuhnya.

Berbagai jajanan mulai dari pisang keju, wedang ronde, jus buah, swike, sate, soto, sop kaki, bisa Anda temukan disini.

Pisang keju Papaday  di pusat kuliner malam, Jalan Cibadak, Kota Bandung
Pisang keju Papaday di pusat kuliner malam, Jalan Cibadak, Kota Bandung (Tribun Jabar/Putri Puspita)

Jangan khawatir untuk memilih makanan yang ada di FCCN, karena di setiap gerobak pedagangnya sudah tercantum makanan mana yang halal dan tidak halal.

"Untuk makanan yang halal ada logo halalnya di setiap gerobak, begitu pula yang tidak halal, ada logonya tersendiri. Jumlah kuliner yang tidak halal disini kurang lebih ada 27," ucap Syukur.

Wisata kuliner FCCN bisa Anda kunjungi mulai pukul 17.00 WIB dan semakin malam biasanya akan semakin ramai pengunjung yang datang.

Baca juga: Ini Tujuh Pusat Kuliner Wajib Coba Saat Berlibur ke Singapura Jika Pandemi Covid-19 Selesai

Jangan heran jika Anda melihat banyak orang yang rela mengantre untuk mencicipi soto bandung dan pisang keju papaday.

Meskipun bentuknya sama seperti makanan pada umumnnya, namun kualitas rasa yang ditawarkan di kuliner FCCN terjamin enak.

Menariknya lagi adalah, pelanggan menikmati kuliner ini di meja dan kursi terbatas yang telah disiapkan, atau bisa juga menikmatinya sambil berdiri karena tak sabar untuk mencoba makanan lainnya.

Baca juga: Ini Dia 3 Menu Soto Unik Yang Ada di Soto Mastarone

Harga yang ditawarkan di FCCN pun terjangkau, hal inilah yang membuat banyak orang rela mengantre dan kembali lagi untuk menikmati jajanan yang ada disini.

Seperti misalnya saja Astria yang bekerja di RS Santosa (34) dan suaminya Rian (40) yang datang ke lokasi.Sambil menunggu dijemput sang suami, ia menjajali jajanan di FCCN.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved