Ini Tujuh Pusat Kuliner Wajib Coba Saat Berlibur ke Singapura Jika Pandemi Covid-19 Selesai

Sambil menunggu makanan dimasak, biasanya pengunjung juga membeli Hup Kee Oyster Omelette, yaitu dadar telur kerang dan bee heng popiah

Singapore Tourism Board
Layanan hawker di Singapura saat masa pandemi 2021 

BERKUNJUNG ke Singapura rasanya kurang pas jika tidak bersantap di pusat jajanan kuliner. Budaya makan komunal Singapura ini bahkan masuk daftar Intangible Cultural Heritage dari UNESCO pada 2020. 

Pusat jajanan kuliner bukan sekedar tempat makan murah. Di sini, Anda bisa menemukan esensi kuliner Singapura yang autentik. Banyak koki kelas dunia dan selebriti yang terinspirasi dari makanan lokal Singapura yang berpusat di pusat jajanan kuliner.

Pada masa pandemi ini Anda mungkin rindu untuk berwisata kuliner, tak terkecuali ke Singapura. Berikut ini tempat kuliner bersertifikat SG Clean yang menjamin keamanan serta kebersihan dari makanan yang Anda santap :

Adegan dalam film Crazy Rich Asians di Newton Food Centre Singapura
Adegan dalam film Crazy Rich Asians di Newton Food Centre Singapura (dok Warner Bross)

1. Newton Food CentreTampil di film Crazy Rich Asians

Pusat Jajanan Kuliner ini terkenal karena muncul di film Crazy Rich Asians. Dikisahkan tokoh utama Nick Young membawa Rachel bersantap sekaligus melihat semarak pusat jajanan kuliner setibanya di Singapura.

Nick dengan cekatan memesan sate, chili crab (kepiting saus cabai khas Singapura), dan laksa. 

Newton Food Centre ini banyak disukai karena adanya area indoor dan outdoor untuk pengunjung bersantap. Di sini juga ada gerai R&B Express yang masuk dalam daftar rekomendasi Michelin Guide.

R&B Express menjual seafood dan sayap ayam bakar, sate, popiah, dan kueh pie tee. Sambal bawang putih dicampur jeruk kalamansi adalah ciri khas dari gerai ini.

Newton Food Centre Singapore
Newton Food Centre Singapore (wikipedia)

Selain itu ada Guan Kee Grilled Seafood, gerai yang menjual aneka seafood cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Sambil menunggu makanan dimasak, biasanya pengunjung juga membeli Hup Kee Oyster Omelette, yaitu dadar telur kerang dan bee heng popiah atau lumpia khas Singapura yang tidak digoreng tetapi tetap nikmat dan tentunya lebih sehat.

2.  Chinatown Complex Market & Food Centre Rumah dari makanan bintang Michelin paling terjangkau di dunia

Hakwer Chan sempat membuat heboh karena menjadi gerai yang mendapat satu bintang Michelin dari Michelin Guide Singapore pada 2016.

Bintang tersebut menjadi impian banyak koki dunia dan bisa didapatkan Chan Hon Meng yang sudah berdedikasi memasak hidangannya selama lebih dari 35 tahun.

Hawker Chan menjual hidangan andalan berupa Soya Sauce Chicken (nasi ayam saus kecap).

Chinatown Complex, Food & Fashion
Chinatown Complex, Food & Fashion (Foursquare)

Sajian juga sempat mendapatkan julukan sebagai makanan bintang Michelin paling terjangkau di dunia.

Saat ini Hawker Chan membuka tiga cabang lain di Singapura, tetapi masih banyak yang berkunjung ke kedai pertamanya untuk merasakan pengalaman autentik.

Baca juga: Eksis Sejak 1919, Kiliney Kopitiam Jadi Destinasi Favorit untuk Menikmati Kopi di Singapura

3. Amoy Street Food CentreMendapat sertifikat dari Bib  Gourmand

Saat jam makan siang, Amoy Street Food Centre, biasanya ramai pengunjung dari pegawai kantor sekitar.

Sebaiknya datanglah sebelum jam 12 siang agar tidak kehabisan makanan.

Amoy Street Food Singapore
Amoy Street Food Singapore (Tripadvisor)

Beberapa gerai terkenal di sini adalah A Noodle Story, Hong Kee Beef Noodle, Ah Ter Teochew Fishball Noodles,  J2 Famous Crispy Curry Puff, Hoo Kee Rice Dumplings,  dan Yuan Chun Famous Lor Mee.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved