Vaksinasi di tempat Wisata Dusun Bambu Cisarua, Seusai Divaksin Peserta Menghirup Segarnya Alam

"Tapi kami enggak menentukan target vaksinasi yang dilakukan dalam sehari, jadi seadanya saja dan total dosis vaksinnya juga enggak kami tentukan,"

Tribun Jabar/Deni Denaswara
Warga antre untuk divaksin di objek wisata Dusun Bambu, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (15/9/2021) 

RIBUAN pengunjung dari dalam maupun luar wilayah Bandung Raya menyerbu wisata vaksin di Restoran Outdoor Dusun Bambu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (15/9/2021).

Menurut pantauan Tribun Jabar, ribuan pengunjung tersebut mengantre sejak pagi untuk mendapat nomor antrean. Namun, sambil menunggu atau pun sesudah menjalani vaksinasi, mereka bisa menikmati wahana yang tersedia di Dusun Bambu.

Seorang peserta vaksin asal Kota Bandung, Royanti Fransisca (25), mengatakan, lebih memilih mengikuti vaksinasi di Dusun Bambu ini karena selain pelaksanaannya tidak membuat tegang, bisa dimanfaatkan untuk mencari udara segar.

Ribuan orang  mengikuti vaksinasi di Restoran Outdoor Dusun Bambu di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (15/9/2021).
Ribuan orang mengikuti vaksinasi di Restoran Outdoor Dusun Bambu di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (15/9/2021). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"Bisa sekalian jalan-jalan juga. Saya memang sengaja daftar vaksin di sini, tahu informasinya dari media sosial," ujarnya saat ditemui seusai vaksinasi di Dusun Bambu.

Wanita yang akrab disapa Yanti ini, mengatakan, baru pertama kali disuntik vaksin Covid-19 karena saat itu dirinya terpapar Covid-19, sehingga belum bisa mengikuti vaksinasi di daerahnya.

"Saya sempat kena Covid-19, tiga bulan lalu, jadi baru sempat ikut vaksinasi sekarang," kata Yanti.

Baca juga: Objek Wisata Dusun Bambu di Kolonel Masturi Kini Menjadi Restoran Berkonsep Outdoor Dining Resort

Komisaris Dusun Bambu, Endy Tjahyadi, mengatakan, wisata vaksin yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan KBB tersebut setiap harinya rata-rata diikuti sekitar 1.200 hingga 1.500 orang dari berbagai daerah.

"Tapi kami enggak menentukan target vaksinasi yang dilakukan dalam sehari, jadi seadanya saja dan total dosis vaksinnya juga enggak kami tentukan," ujarnya.

Salah seorangpeserta vaksin di Restoran outdoor Dusun Bambu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (15/9/2021).
Salah seorangpeserta vaksin di Restoran outdoor Dusun Bambu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (15/9/2021). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Endy mengatakan, vaksinasi Covid-19 ini digelar selama lima hari sejak Senin (13/9/2021) hingga Jumat (17/9/2021). Per harinya, kata dia, peserta vaksin di Dusun Bambu ini semakin banyak atau jumlahnya terus bertambah.

Vaksinasi tersebut, kata dia, sebetulnya memang ditujukan bagi warga sekitar, tetapi tetap melayani peserta vaksin dari luar kota, termasuk bagi pengunjung Dusun Bambu sehingga animonya sangat tinggi.

Baca juga: Mengobati Kepenatan dari Kesibukan di Sejuknya Alam Objek Wisata di Cisarua Lembang

"Kami juga terus dapat permintaan dari media sosial. Kami memang tidak go show, jadi kami ada registrasi online, tapi tentunya kami utamakan warga Bandung Barat dulu," kata Endy.

Ia mengatakan, vaksinasi yang digelar di Dusun Bambu ini diharapakan dapat membantu pemerintah dalam mengejar target vaksinasi guna membentuk kekebalan komunal atau herd immunity, dan tentunya dapat memberi kesan khusus bagi para peserta.

Warga mengikuti vaksinasi di kawasan wisata Dusun Bambu, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (15/9/2021)
Warga mengikuti vaksinasi di kawasan wisata Dusun Bambu, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (15/9/2021) (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

"Vaksinasi yang biasa menegangkan, jadi bawaannya lebih fun, lebih rileks, jadi ini konsep yang berbeda dibandingkan vaksinasi yang umum dilaksanakan," ucapnya.

Selain itu, kata dia, vaksinasi di Dusun Bambu juga dilaksanakan di tempat terbuka dan setelah divaksin, para peserta vaksin ini bisa sekaligus menikmati suasana alam. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved