Kunjungi Alam Wisata Cimahi, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Mainkan Si Cepot di Depan Plt Wali Kota

"Dawala itu kenapa nggak pake masker, sekarang ini harus jaga prokes di manapun berada, salah satunya menggunakan masker"

PEMANDANGAN yang agak tidak terbiasa terlihat di Alam Wisata Cimahi, Jumat (10/09/2021). Saat itu dua wayang golek bernama si Cepot dan Dawala asyik dimainkan dua orang di depan tamu undangan, termasuk Pelaksana Tugas Wali Kota Cimahi, Ngatiyana. 

Saat itu si Cepot bersama Dawala tengah dimainkan dalam sebuah percakapan ringan. Percakapan-percakapan ringan itu diawali dengan berbalas pantun oleh para dalang yang memainkan kedua wayang yang menjadi ikon kental kasundaan itu.

"Dalang" yang sedang memainkan si Cepot itu bukan sembarang orang, melainkan pejabat negara yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno.

Suasana objek wisata Alam Wisata Cimahi di Jalan Kolonel Masturi Km 4 No.157, Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi,
Suasana objek wisata Alam Wisata Cimahi di Jalan Kolonel Masturi Km 4 No.157, Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"lihat nih Cepot sudah menjadi menteri," ujar Sandi saat memainkan Cepot yang disambut tepuk meriah 

"Hei Cepot jangan sombong, tetap Dawala yang paling tampan," balas dalang yang menjadi lawan main Sandi Uno. 

"Dawala, itu hidungnya kenapa bisa panjang, kalau ditarik lagi bisa lebih panjang lagi ya?" tanya si Cepot.

"Bisa," balas dalang lagi.

Sandi Uno merasa semringah dapat bermain wayang golek dengan tokoh si Cepot di tangannya. Meski ia tidak bisa memainkan wayang golek ini dengan mahir, namun terlihat jelas  Sandi Uno sangat berkeinginan bisa memainkan tokog si Cepot yang ada di tangannya. 

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Semua Mewaspadai Aksi Balas Dendam Berwisata Akibat PPKM yang Terlalu Lama

Melalui tokoh si Cepot di tangannya, Sandi Uno juga mengajak masyarakat dan tamu yang hadir untuk tetap sadar protokol kesehatan. Hal ini diungkapkan Sandi melalui si Cepot kepada Dawala.

"Dawala itu kenapa nggak pake masker, sekarang ini harus jaga prokes di manapun berada, salah satunya menggunakan masker," ujar si Cepot.

Setelah itu, Sandi pun memasangkan kain ke wajah si Cepot sebagai simbol bahwa masyarakat harus patuh dan taat dengan prokes. Meski pandemi ini sudah menurun, namun Sandi mengingatkan masyarakat untuk tidak abai prokes.

Baca juga: Berkat Pelestarian Seni Budaya Masyarakat Desa Gegesik Kulon di Cirebon Masuk 50 Desa Wisata Terbaik

"Tuh si Cepot juga sudah pakai masker, masa kita nggak, makanya yuk jaga prokes dengan terus memakai masker," ajak Sandi.

Kedatangan Sandi Uno dalam rangka menghadiri Workshop Ekonomi Kreatif Sub Sektor Film, Video dan Animasi. Program ini merupakan bagian dari program Kemenekraf dalam Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia. 

Sandiaga Uno mengatakan, Program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf. 

Baca juga: Sandiaga Uno Siapkan Hibah Rp 2,4 triliun bagi Pelaku Usaha Pariwisata Terdampak Covid-19

Menurut Sandiaga Uno, dalam rangkaian pengembangan KaTa Kreatif Indonesia ini, Kemenparekraf/Baparekraf 
menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan KaTa Kreatif sebagai bentuk fasilitasi pengembangan potensi ekonomi kreatif yang dilaksanakan di 25 kabupaten/kota.

Objek wisata Alam Wisata Cimahi
Objek wisata Alam Wisata Cimahi (Facebook Alam Wisata Cimahi)

Di Jabar kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung, serta di Kota Bandung, Kamis-Sabtu (9-11/09/ 2021)

Baca juga: Tempat Wisata di Jabar akan Jadi Sentra Vaksinasi, Akan Ada Program Jalan-jalan Sambil Vaksin

Di Cimahi, kegiatan digelar melalui Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif di Alam Wisata Cimahi, berupa pemberian materi terkait peningkatan inovasi dan kewirausahaan yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan pelaku ekonomi kreatif subsektor film, animasi dan video dari komunitas film, animasi dan video di Kota Cimahi.

Workshop di Kota Cimahi dihadiri oleh 35 pelaku ekonomi kreatif.  (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved