Hanya Glamping Lake Side dan Kawah Putih di Ciwidey yang Diuji Coba Dibuka untuk Wisatawan

"Ini butuh sosialisasi dan edukasi karena kami menerapkan ini, demi kebaikan bersama, jadi destinasi yang sudah dipilih itu berdasarkan data"

TribunJabar
Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung 

MESKI banyak tempat wisata di Kabupaten Bandung, tapi baru dua tempat wisata yang diujicoba dibuka oleh Kemenperkraf, yakni Glamping Lakeside dan Kawah Putih.

Menurut Menparkraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dua tempat wisata tersebut terpilih untuk ujicoba dibuka, melalui evaluasi berbasis data.

"Pak Kadis provinsi ikut menentukan bersama kami, ini nanti akan dievaluasi," kata Sandi, di Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (10/9/2021).

Seandainya keadaan membaik, kata Sandi,  akan ditambah lagi jumlah tempat wisata yang akan diujicobakan.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberi keterangan pers di Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung
Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberi keterangan pers di Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

"Jadi harapan kami masyarakat juga ikut membantu, penerapan protokol kesehatan, tidak berkerumun, tidak memicu peningkatan pengeluaran covid 19.  Tanggung jawabnya bukan hanya di pengelola, tapi juga di masyarakat pemerintah dan semua pemangku," kata Sandi.

Sandi memparkan, nanti akan dilakukan evaluasi, seandainya sudah lebih baik keadaannya nanti akan dipertimbangkan untuk ditambahkan. 

Baca juga: Kunjungi Alam Wisata Cimahi, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Mainkan Si Cepot di Depan Plt Wali Kota

"Ini butuh sosialisasi dan edukasi karena kami menerapkan ini, demi kebaikan bersama, jadi destinasi yang sudah dipilih itu berdasarkan data," katanya.

Sedangkan yang belum terpilih untuk diujicobakan, kata Sandi, harus menempuh, menunggu kabar, dan memastikaan.

Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung
Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

"Bahwa begitu  diberikan kesempatan untuk ujicoba, dia sudah siap, tinggal nanti karena prosesnya ini akan bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan," tuturnya.

Baca juga: Kebun Teh Kembali Menjadi Tempat Wisata Alternatif di Tengah PPKM Level 4 Kabupaten Bandung

Sandi mengatakan, mereka harus siap untuk seandainya ditunjuk untuk tahapan uji coba dibuka. "Yang dicoba mereka yang sudah siap menerapkan protokol kesehatan, dengan integrasi ke aplikasi Peduli Lindungi," katanya. (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved