Pantai Karangpotong Cianjur Jadi Jawaban untuk Para Traveler yang Mendamba Keindahan Samudra Hindia

Menjelang petang, lampu-lampu dari beberapa perahu nelayan yang mulai berlayar di bibir Samudra Hindia mengalihkan fokus penglihatan para pengunjung

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Pengunjung kawasan wisata Karangpotong duduk santai di Pantai Sindangbarang, Kabupaten Cianjur 

SEBONGKAH karang yang terpotong disulap menjadi sebuah destinasi wisata swafoto berlatar Samudra Hindia. Ini menjadi objek wisata hits di kawasan Pantai Sindangbarang, Cianjur.

Jika merangkai destinasi di selatan Jabar, Sukabumi punya Palabuhanratu, Garut punya Pantai Santolo, Tasikmalaya punya Pantai Cipatujah, dan Pangandaran sudah terkenal pantainya. Kini Cianjur punya Pantai Karangpotong yang mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Selain tawaran spot swafoto berlatar samudra, Pantai Karangpotong juga menyuguhkan sajian utama duduk santai memandang Samudra Hindia di pagi saat sunrise dan petang hari saat sunset.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengobrol bersama Wakil Bupati Cianjur di kawasan wisata Pantai Karangpotong Sindangbarang, Rabu (8/9/2021)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengobrol bersama Wakil Bupati Cianjur di kawasan wisata Pantai Karangpotong Sindangbarang, Rabu (8/9/2021) (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Menu yang pas untuk singgah dan rehat sejenak duduk sambil ngopi memandang birunya Samudra Hindia yang seolah dibatasi garis langit sejauh mata memandang.

Tiupan angin dan suara deburan ombak menjadi ucapan selamat datang ketika melangkahkan kaki dari gerbang masuk menuruni tangga di Pantai Karangpotong.

Uang Rp 15 ribu di hari biasa dan Rp 20 ribu di akhir pekan merupakan tiket masuk ke kawasan Pantai Karangpotong.

Baca juga: Menikmati Wisata Alam di Sevillage Cianjur dengan Berbagai Swafoto Berlatar Gunung Gede Pangrango

Bungalow dan vila tepi pantai yang sudah ada hanya digunakan untuk objek swafoto. Pengembang membangun beberapa bungalow dan vila di kawasan parkir yang melingkar untuk disewa. Pembangunannya saat ini masih terlihat dalam tahap penyelesaian.

Menjelang petang, lampu-lampu dari beberapa perahu nelayan yang mulai berlayar di bibir Samudra Hindia mengalihkan fokus penglihatan para pengunjung.

Pantai Karangpotong selama masa PPKM tutup sampai pukul 18.00. Sebuah pengeras suara pun akan mengingatkan pengunjung yang masih duduk santai untuk segera meninggalkan tempat karena kawasan akan ditutup menjelang petang tersebut.

Kolam Renang Mustika karangpotong yang berada di tepi Pantai karangpotong, Sindangbarang, Cianjur
Kolam Renang Mustika karangpotong yang berada di tepi Pantai karangpotong, Sindangbarang, Cianjur (Facebook Kolam Renang Mustika Karangpotong)

Rohman Effendi, Kades Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang, mengatakan, pengerjaan proyek yang diinisiasi warga Kecamatan Sukanagara ini dikerjakan 85 persen oleh warga desa.

Ia mengatakan, warga juga diperbolehkan untuk berjualan kuliner di spot yang disediakan seperti ayam hariring kuring dan es kelapa muda. "Ke depan akan disediakan tempat bagi produk UMKM juga," ujar kades.

Kepala desa bersyukur meski masih dalam tahap simulasi namun antusias warga untuk berkunjung cukup tinggi.

Baca juga: Es Shanghai di Cianjur Ada Kismisnya, Rasanya Manis Menyegarkan, Cocok untuk Buka Puasa

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang akrab disapa Pa Uu juga mengapresiasi karena pembukaan kawasan wisata sejalan dengan program provinsi yakni pembentukan desa wisata yang mendongkrak perekonomian di Jabar.

"Pembangunan harus adil dan merata, saat ini perda desa wisatanya sedang dibuat," kata Pa Uu.

Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana mengatakan pihaknya menyambut baik adanya terobosan inovasi dan investasi di bidang pariwisata di selatan Cianjur.

Baca juga: Jembatan Cibuni Menjadi Ikon Perbatasan Sukabumi-Cianjur, Warga Banyak Berfoto di Lokasi Jembatan

"Selain ini banyak potensi wisata Cianjur di pesisir pantai yang menunggu inovasi dan sentuhan investasi. Saya berterima kasih kepada yang telah berinvestasi dan mengangkat dunia pariwisata Cianjur.

"Ini hal yang baik, saya yakin beberapa kawasan lainnya jika dikemas dan disentuh investasi akan menarik," kata Mulyana.

Objek wisata kolam renang Mustika Karangpotong di kawasan Pantai Sindangbarang, Cianjur Selatan
Objek wisata kolam renang Mustika Karangpotong di kawasan Pantai Sindangbarang, Cianjur Selatan (Facebook Mustika Karangpotong)

Kawasan Karangpotong yang masuk ke Desa Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, bisa diakses dari empat arah. Pertama dari Sukabumi melalui Tegal Buleud, dari Cianjur, dari Kabupaten Bandung melalui Ciwidey, dan dari Garut pesisir pantai selatan.

Dari kawasan Cianjur kota bisa ditempuh dengan tiga jam perjalanan, namun di beberapa titik seperti di Cibinong dan masuk Sindangbarang jalannya masih rusak. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

 

 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved