Berkat Pelestarian Seni Budaya Masyarakat Desa Gegesik Kulon di Cirebon Masuk 50 Desa Wisata Terbaik

"Adanya desa wisata di Kabupaten Cirebon menjadi bukti nyata semangat masyarakat mengembangkan ekonomi kreatif"

Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi
Menparekraf RI, Sandiaga Uno, saat melihat seni ukir kayu dalam peresmian desa wisata di Desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Kamis (9/9/2021). 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, meresmikan Desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, sebagai desa wisata.

Sandi tampak menandatangani prasasti peresmian dan sertifikat desa wisata tersebut dalam kunjungannya ke Desa Gegesik Kulon, Kamis (9/9/2021).

Bahkan, ia juga menyerahkan sertifikat CHSE, akses internet gratis selama satu tahun, dan lainnya kepada Bupati Cirebon, Imron Rosyadi.

Menparekraf RI, Sandiaga Uno, saat menandatangani prasasti peresmian desa wisata di Desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Kamis (9/9/2021).
Menparekraf RI, Sandiaga Uno, saat menandatangani prasasti peresmian desa wisata di Desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Kamis (9/9/2021). (Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi)

Sandiaga meyakini saat ini terdapat fenomena kebangkitan masyarakat yang akan menopang sektor ekonomi kreatif dan pariwisata.

"Adanya desa wisata di Kabupaten Cirebon menjadi bukti nyata semangat masyarakat mengembangkan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno dalam sesi konferensi pers.

Ia berharap, kehadiran Desa Wisata Gegesik Kulon dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Desa Cisande di Sukabumi Masuk 50 Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia

Pihaknya pun meyampaikan beberapa usulan untuk pengembangan Desa Wisata Gegesik Kulon ke depannya.

"Homestay di sini harus ditambah, karena sekarang baru ada satu. Ini amunisi baru untuk sebagai langkah strategis ke depan," kata Sandiaga Uno.

Selain itu, Sandi menyampaikan maksud kedatangannya ke Desa Gegesik Kulon untuk meningkatkan program desa wisatanya. Ia pun mendorong masyarakat Desa Wisata Gegesik Kulon terus berkreasi demi menarik wisatawan berkunjung.

Baca juga: Desa Nunuk Baru dan Bantaragung di Majalengka Masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

Menurut Sandi, hal itu tidak terlepas dari kearifan lokal di Desa Gegesik Kulon yang hingga kini masih terjaga dan terkonservasi.

"Desa ini masuk dalam jajaran desa seni dan budaya, meski tidak memiliki potensi alam," ujar Sandi

Bahkan, ia telah melihat langsung kekayaan seni budaya di Desa Gegesik Kulon. Saat tiba di desa itu, Sandi disambut untuk menaiki burok.

Baca juga: Ada 55 Desa di Garut yang Akan Menjelma Menjadi Desa Wisata Demi Menggaet Wisatawan

Selain itu, sejumlah anak juga menari topeng ketika Sandi turun dari burok. Kesenian lainnya juga seolah tak henti menyambut kedatangannya.

Ia pun turut melihat langsung seni ukir, seni lukis kaca, pembuatan wayang, dan lainnya yang menjadi unggulan di Desa Wisaga Gegesik Kulon.

"Kami menilai desa seni budaya seperti Gegesik Kulon ini layak disandingkan dalam 50 desa wisata terbaik," kata Sandiaga Uno.

Desa Wisata Gegesik Kulon di Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon,
Desa Wisata Gegesik Kulon di Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, (jadesta.com)

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, kelestarian seni budaya di Desa Gegesik Kulon dari dulu hingga sekarang merupakan bukti besarnya cinta masyarakat terhadap seni budaya.

Pasalnya, hingga kini mereka terus menjaga dan merawat kelestarian seni budaya secara sukarela dan tidak digaji oleh siapapun.

Baca juga: Disparbud Jabar Dampingi 127 Desa Wisata di Jawa Barat Mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Bahkan, keberadaan anak-anak yang turut menari topeng, melukis kaca, mengukir kayu, hingga membuat wayang saat kunjungan Sandiaga membuktikan bahwa sejak kecil warga Desa Gegesik Kulon menyadari pentingnya melestarikan seni budaya daerahnya.

"Saya sangat bangga salah satu desa di Kabupaten Cirebon termasuk dalam 50 desa wisata terbaik," ujar Sandiaga Uno. (Tribun Cirebon/Ahmad Imam Baehaqi)

 

 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved