Desa Cisande di Sukabumi Masuk 50 Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia

"Tentunya bisa menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan"

dok Kemenparekraf
Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi memiliki marching oma opa yang berlatih di hamparan sawah desa itu 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno mengukuhkan Desa Cisande masuk ke 50 terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Minggu (5/9/2021).

Wisata tersebut berada di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi wisata menarik yang memanfaatkan area sawah dibelakang pemukiman warga sebagai wisata edukasi anak-anak, menanam padi, budidaya ikan hias dan lele.

Tidak Hanya itu, Desa Wisata Cisande juga memiliki outbond Flying Fox, panahan, river tubing, camping ground, dan bukit camera.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengukuhkan Anugerah Wisata Desa Cisande masuk ke 50 terbaik se-Indonesia, Minggu Sore, (5/9/2021)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengukuhkan Anugerah Wisata Desa Cisande masuk ke 50 terbaik se-Indonesia, Minggu Sore, (5/9/2021) (Tribun Jabar/Dian Herdiansyah)

Sandiaga Uno mengatakan, masuknya Desa Cisande dalam 50 kategori terbaik bisa meningkatkan ekonomi masyarakat yang berdaya saing tinggi.

Baca juga: Durian Si Bola Asal Cikakak Kabupaten Sukabumi, Manisnya Benar-benar Mantap Bertahan di Lidah

"Tentunya bisa menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata - desa wisata baru di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa,” katanya

Tidak hanya itu, dengan masuknya Desa Cisande dihadapkan bisa menjadikan desa wisata sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Gurih Renyah Jarangking, Camilan yang Wajib Dicoba Saat Datang ke Kabupaten Sukabumi

"Mampu meningkatkan pengembangan desa wisata baru dan memberikan suguhan menarik kepada wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik melaui desa-desa wisata di Indonesia," kata Sandi.

batik hasil karya warga Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi
batik hasil karya warga Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi (dok Kemenparekraf)

Dalam peresmian tersebut, hadir juga Deputi Bidang Destinasi dan Infras PPtruktur Vinsensius Jamadu, Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Tribun Jabar/Dian Herdiansyah)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved