Keik dengan Rasa Ringan Lezat dan Bertekstur Lembut, Chocholate Avocade dari Rozelle Dessert

"Sepuluh tahun lalu Aku coba olahan alpukat ini, bersyukur customer aku  suka dan bisa bertahan sampai sekarang"

ALPUKAT digemari  masyarakat Indonesia. Buah ini dapat dikonsumsi begitu saja saat matang, atau diolah menjadi berbagai macam minuman segar seperti jus atau smoothie, alpukat juga bisa dibuat menjadi dessert.

Bagi pecinta alpukat namun bosan dengan olahan alpukat yang itu-itu saja, kalian bisa mencicipi chocolate avocado. Resep buatan Chef Gilang Wardana ini, bisa jadi alternatif olahan alpukat yang lezat.

"Sepuluh tahun lalu Aku coba olahan alpukat ini, bersyukur customer aku  suka dan bisa bertahan sampai sekarang. Ini jadi signature cake Rozelle Dessert," ucapnya saat ditemui di Rozelle Dessert belum lama ini.

Chocholate Avocado
Chocholate Avocado (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Chocolate avocado merupakan sponge cake dengan layer ganache coklat dengan toping avocado mousse yang lembut bertekstur seperti ice cream.

"Pada umumnya bikin kue itu dari bagian bawah dulu, kalau kita dari atas kebawah, jadi kita cetak dulu avocado moussenya baru ditumpuk spong cake," ujarnya.

Bahan-bahan avocado mousse terdiri dari alpukat, wipping cream, gula, gelatin, dan food collor.

Baca juga: Uniknya Inovasi Donat, Ada Campuran Es Krim dan Burger

"Alpukatnya dihancurin atau bahasa Prancisnya pure, di jus bareng gula. Di bowl terpisah siapkan wipping cream. Kocok sampai kaku kemudian disatukan dengan alpukatnya terus dicampur dengan gelatin secara perlahan sampai rata," ucap Chef kelahiran Bandung 33 tahun lalu itu.

Setelah avocado mousse jadi, dimasukkan kedalam cetakan. Kemudian bahan sponge cakenya juga terbilang sederhana hanya terdiri dari gula, telur, tepung yang dikocok dengan mixer selama kurang lebih 10 menit.

"Setelah 10 menit dimixer baru masukin butter, kemudian panggang di suhu 180 derajat selama 15 menit," ujarnya.

Baca juga: Meneguk Segar dan Sehatnya Joozbar, Jus Alami dari Buah-Buahan Tanpa Tambahan Air dan Gula

Terdiri dari empat layer, yaitu avocado mousse, sponge cake, cokelat ganache kemudian sponge cake lagi, membuat chocolate avocado menjadi satu kesatuan rasa yang nikmat.

Cara membuat coklat ganache juga sangat mudah, bahan bakunya terdiri dari cokelat dan wipping cream.

"Cokelatnya dilelehkan dulu, baru masukin wipping creamnya dengan suhu yang tinggi. Dengan sistem bain marie. Setelah itu cream dituang ke cokelat sampai jadi ganache jadi lengket gitu teksturnya," ujarnya.

Baca juga: Ketok Flat Cokelatnya, Lalu Sruput Kopinya, Perpaduan Sempurna Kopi dan Cokelat,

Chef Gilang menjelaskan, bain marie merupakan teknik melelahkan cokelat menggunakan air di atas kompor. "Kalau cokelat kena air itu dia langsung mati, musuhnya coklat itu air," ucapnya.

Gilang Wardana, pembuat chocholate avocado
Gilang Wardana, pembuat chocholate avocado (dokumentasi Gilang Wardana)

Mempertahankan quality control selama 10 tahun, Chef Gilang tidak pernah mengganti bahan baku chocolate avocado yang ia buat. Keik cantik berukuran 3x9 cm ini bisa dibeli seharga Rp 29 ribu.

Rasanya yang ringan dengan tekstur yang lembut, bisa didapatkan di Rozelle Dessert, Komplek Setrasari Plaza II, Blk. B8-B9, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, buka setiap hari dari jam 08.00-16.00 WIB. (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved