Objek Wisata di Kabupaten Bandung Barat Masih Ditutup, Warga Harap Sabar Tapi Kafe Resto Boleh Buka

Semua wisata di KBB memang masih ditutup, sesuai Inmenndagri bahwa wilayah yang berada di PPKM Level 3 belum dapat membuka kawasan objek wisata

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Suasana objek 2isata The Great Asia Africa Lembang yang sepi karena ditutup sementara akibat zona merah Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat, Kamis (17/6/2021) 

PEMERINTAH  Kabupaten Bandung Barat (KBB) tetap akan menutup objek wisata, meskipun saat ini sudah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 30 Agustus 2021.

Hal itu karena Pemkab Bandung Barat tetap ingin mengikuti aturan pemerintah pusat bahwa daerah yang menerapkan PPKM Level 3 belum bisa membuka wisata. Untuk saat ini, baru daerah yang menerapkan PPKM Level 2 yang sudah bisa membuka objek wisata tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, dalam penerapan PPKM Level 3 ini baru restoran yang sudah bisa beroperasi, sedangkan untuk objek wisata masih belum bisa dibuka sesuai aturan pemerintah pusat.

Warung Kopi Gunung di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Warung Kopi Gunung di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"Untuk objek wisata belum bisa dibuka meskipun KBB sekarang sudah berada pada zona oranye. Kita masih mengikuti aturan pemerintah pusat," ujarnya saat ditemui di Ngamprah, Kamis (26/7/2021).

Selain sudah masuk zona oranye, kata Hengky, sejauh ini tren kasus Covid-19 di wilayah KBB turun cukup signifikan. Hal tersebut terlihat dari Bed Occupancy Rate (BOR) yang berada di angka 30 persen.

Baca juga: PHRI Minta Objek Wisata di KBB Dibuka Setelah PPKM Level 4 Berakhir Karena Kondisi Kritis

"Tren di kami turun terus alhamdulillah, BOR juga di angka 30 persen, mulai menurun dan saatnya perbaikan ekonomi," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Heri Partomo, menambahkan, mengenai keputusan ini masyarakat harus bersabar untuk berwisata di KBB karena pihaknya juga masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Baca juga: Fasilitas Penginapan dan Kuliner di Terminal Wisata Grafika Cikole Buka Tapi Wahana Rekreasi Tutup

"Semua wisata di KBB memang masih ditutup, sesuai Inmenndagri bahwa wilayah yang berada di PPKM Level 3 belum dapat membuka kawasan objek wisata," ucap Heri.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Barat (KBB), Heri Partomo
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Barat (KBB), Heri Partomo (Tribun Jabar/Wildan Noviansah)

Namun untuk kegiatan restoran dan kafe, kata Heri, sudah bisa menjalankan aktivitasnya sesuai dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat pada penerapan PPKM Level 3 ini.

Baca juga: Bisnis Objek Wisata di KBB Babak Belur, Pelaku Wisata Diusulkan Dapat Bantuan Selama PPKM Darurat

"Ketentuannya kan sudah jelas waktu makan di restoran dan kafe dibatasi hanya 30 menit serta maksimal 25 persen dari kapasitas tempat tersebut," katanya. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved