Wagub Jabar Merasa Sejuk dan Nyaman di Bumi Semesta Makmur Farm Purwakarta, Tempat untuk Berwisata,

"Di sini sejuk, tempatnya enak apalagi kita bisa metik melon dan makan melon juga langsung dari kebun"

Tribun Jabar/Irvan Maulana
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum saat menikmati melon di Bumi Semesta Makmur Farm Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/8/2021) 

BERWISATA bagi kebanyakan orang merupakan kebutuhan untuk merefresh pikiran setelah sibum dari aktifitas rutinnya, namun bagi kebanyakan orang berwisata tak harus mengunjungi tempat mewah, salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi adalah agrowisata yang biasanya berlokasi si kebun atau hutan dan tempat yang terbilang terpencil.

Jika anda ke Purwakarta, tempat Agrowisata ini merupakan tempat recomended bagi yang ingin refreshing ke tempat yang sejuk dan nyaman.

Tempat ini bernama Bumi Semesta Makmur Farm yang berlokasi di Desa Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

Aneka buah segar hasil Bumi Semesta Makmur Farm di Darangdan, Purwakarta
Aneka buah segar hasil Bumi Semesta Makmur Farm di Darangdan, Purwakarta (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum juga sempat mengunjungi lokasi tersebut, ia juga mengapresiasi tempat tersebut, bahkan menyempatkan berswafoto di beberapa lokasi sembari memetik melon.

"Tempat ini merupakan pilot project program petani milenial Jawa Barat," ujar Uu sembari memotong melon hasil petiknya, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Ingin Tahu Perjalanan dan Perjuangan Terbentuknya Purwakarta, Datang ke Wisata Diorama

Wagub mengatakan lokasi kebun melon tersebut terbilang lokasi yang cukup nyaman untuk bersantai,

"Di sini sejuk, tempatnya enak apalagi kita bisa metik melon dan makan melon juga langsung dari kebun," kata Uu.

"Saya harap sebagian masyarakat Jawa Barat beralih profesi menjadi petani, karena memang pertanian itu seprti disini, menguntungkan, hati sejuk dan damai," kata Uu.

Baca juga: Soto Sadang Lama, Kulliner Legendaris Purwakarta yang Tak Lekang oleh Waktu, Belum Ada Cabangnya

Penggagas Gapoktan Bumis Semesta Makmur Budi mengatakan jika kebun melon tersebut awalnya dibangun untuk membatu perekonomian warga sekitar perkebunan untuk survive di masa pandemi.

"Lahan ini merupakan lahan PTPN dengan pola PMDK, berangkat dari permasalahan utama petani yaitu market (pasar), kita disini ingin menuat satu etalase untuk memutus mata rantai transportasi penjualan kita harapkan pembeli itu datang langsung kesisni," papar Budi.

Baca juga: Sedapnya Bakso Tumpeng yang Disiram Bumbu, Disajikan Terpisah Tanpa Mi, Tersedia di Purwakarta

Ia menawarkan Agrowisata budidaya berbagai macam melon, bahkan kebun melon tersebut sedang ditata agar menarik minta pengunjung. Banyak gajebo kecil disetiap persimpangan jalur untuk pengunjung beristirahat.

Suasana di Bumi Semesta Makmur Farm terbilang cukup recommended khususnya bagi pelancong yang datang dari kota akan disuguhkan pemandangan daratan tinggiyang menarik serta suasana sejuk kebun yang terletak di ketinggian juga cukup nyaman untuk bersantai.

Baca juga: Setiap Daerah di Purwakarta Punya Sate Maranggi yang Khas, Pilih Mana yang Disukai

"Melon yang ada disini tidak banyak di pasaran, kita mengusung jargon harga kaki lima kualitas bintang lima, jadi pengunjung bisa berkeliling melihat proses budidaya tanaman melon, bahkan bisa memetik dan memakan melon secara lansung," kata dia.

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meninjau Bumi Semesta makmur Farm di Darangdan, Purwakarta, Rabu (25/8/2021)
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meninjau Bumi Semesta makmur Farm di Darangdan, Purwakarta, Rabu (25/8/2021) (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Berbagai jenis melon, bibit luar negeri dan bibit dalam negeri juga berhasil ditanam disana, bahkan pihaknya juga tengah menanam labu madu, serta sayuran berupa timun, sawi, terong dan cabai yang setiap harinya sudah rutin dijual kepada masyarakat sekitar Darangdan.

Baca juga: Sekitar 50 Persen Hotel, Restoran, Hingga Objek Wisata di Purwakarta Tersertifikasi CHSE

Bumi Semesta Makmur Farm memang masih dalam tahap proses untuk menjadi destinasi agrowisata, kendati demikian, berkunjung ke tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berwisata murah meriah dan lokasinya terjangkau. (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved