Objek Wisata di Empat Kabupaten di Jabar Sudah Boleh Dibuka Karena Masuk PPKM Level 2

"Jadi ada beberapa daerah yang objek wisatanya sudah buka karena sudah menerapkan PPKM Level 2, kalau yang lainnya masih level 3 dan level 4"

Tribun Jabar/Dwiky Maulana Vellayati
Suasana tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di objek wisata pemandian air panas Hotel dan Resort Sariater, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Minggu (15/8/2021). 

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, memastikan  objek wisata di empat daerah di Jawa Barat sudah dapat dibuka kembali. Hal ini karena wilayahnya menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik, mengatakan, obyek wisata yang saat ini sudah buka tersebut yakni di Kabupaten Garut, Kabupaten Subang, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Majalengka.

"Jadi ada beberapa daerah yang objek wisatanya sudah buka karena sudah menerapkan PPKM Level 2, kalau yang lainnya masih level 3 dan level 4," ujarnya  di Sesko AU Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (25/8/2021).

Menyeruput teh di objek wisata kawasan tebing Batu Tumpang, Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut
Menyeruput teh di objek wisata kawasan tebing Batu Tumpang, Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut (Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari)

Objek wisata yang sudah dibuka di empat daerah tersebut, kata Dedi, tetap menerapkan aturan PPKM Level 2, seperti  pemberlakuan pembatasan pengunjung sebanyak 25 persen sesuai Instruksi mendagri (Inmendagri) nomor 35/2021, dalam menerapkan aktivitas pariwisata di masa PPKM.

"Sedangkan untuk objek wisata di daerah yang menerapkan PPKM level 4 masih ditutup," kata Dedi.

Baca juga: Masuk PPKM Level 2 Tempat Wisata di Garut Kembali Buka dengan Syarat Tertentu, Ada Warga yang Ragu

Hanya saja, kata Dedi, khusus di daerah yang menerapkan 3 dan level 4 tersebut ada kelonggaran bagi hotel dan restoran yang sudah bisa beroperasi dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Sambil menunggu dibukanya objek wisata yang daerahnya menerapkan PPKM Level 3 dan level 4, Pemprov Jabar  terus menggenjot vaksinasi bagi para pelaku pariwisata di Jabar.

Suasana sepi di objek wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka, Sabtu (24/7/2021) silam. Selama PPKM Level 3 ini, semua objek wisata di Majalengka tutup sementara.
Suasana sepi di objek wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka, Sabtu (24/7/2021) silam. Selama PPKM Level 3 ini, semua objek wisata di Majalengka tutup sementara. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Dedi mengatakan, untuk saat ini progres vaksinasi bagi para pelaku pariwisata tersebut baru mencapai 26 ribu dari target 96 ribu orang.

Baca juga: Majalengka Masuk PPKM Level 2, Peengelola Wisata Gembira dan Optimistis untuk Membuka Objek Wisata

"Nanti kami akan terus melakukan vaksinasi karena ini adalah solusi apabila objek wisata segera dibuka. Kita sudah ada kajian juga dan mengikuti level," ucapnya. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved