Majalengka Masuk PPKM Level 2, Peengelola Wisata Gembira dan Optimistis untuk Membuka Objek Wisata

"Angin segar buat pengelola (wisata). Rata-rata kami dengan kondisi yang serba sulit dan ingin menyerah,"

Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Suasana objek wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka yang sepi pengunjung, Kamis (13/5/2021). 

MASUKNYA Kabupaten Majalengka menjadi salah satu daerah yang masuk kategori level 2 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per tanggal 23-30 Agustus 2021.

Hal itu disambut baik oleh para pengelola wisata di Kota Angin.

Pasalnya, dalam Surat Edaran (SE) Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 35 tahun 2021 tentang PPKM level 4,3,2 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali menyebut dalam poin keenam huruf j bahwa fasilitas umum baik area publik, taman umum, tempa wisata umum dan area publik lainnya diizinkan buka dengan kapasitas 25 persen.

Aktivitas paralayang di Gunung Panten Majalengka yang banyak dilakukan sebelum pandemi Covid-19
Aktivitas paralayang di Gunung Panten Majalengka yang banyak dilakukan sebelum pandemi Covid-19 (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Salah satu pengelola wisata Paralayang Gunung Panten, Dede Sofyan mengatakan informasi tersebut merupakan angin segar untuk sektor pariwisata. Sebab, pihaknya mengaku frustasi dengan keadaan saat ini.

"Angin segar buat pengelola (wisata). Rata-rata kami dengan kondisi yang serba sulit dan ingin menyerah," ujar Dede kepada Tribun, Selasa (24/8/2021).

Oleh sebab itu, Dede menyambut baik dan semua pihak wajib menjaga kondisi tersebut. Iaa menyebut, Forum Pokdarwis Majalengka juga melakukan hal itu.

Baca juga: Pemkab Majalengka Belum Izinkan Objek Wisata Buka, Masih Menunggu Instruksi dari Pemerintah Pusat

"Di Forum Pokdarwis Majalengka, Ketua Forum, Ronny Setyadi (Baron) juga sudah mengimbau hal tersebut dan meminta pengelola untuk melakukan persiapan terutama prokesnya," ucapnya.

Sambutan baik juga diungkapkan pengelola wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka, Mulyadi. Ia mengaku, saat ini tinggal ada restu dari pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Desa Nunuk Baru dan Bantaragung di Majalengka Masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

"Semoga saja memang Pak Bupati mengizinkan pembukaan wisata ini yang sudah tertuang dalam SE Inmendagri soal daerah yang masuk level 2," kata Mulyadi. (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Sumber: Tribun Cirebon

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved