Sedapnya Soto Ayam Ambengan Khas Surabaya, Warga Bandung Pun Gemar Mencicipinya, Rasanya Otentik

"Rempah-rempahnya kerasa banget, dan sesuai dengan aslinya, jadi tiap kali saya kangen untuk pulang kampung, saya selalu ke sini"

Tribun Jabar/Cipta Permana
Soto Ayam Ambengan Pa Sadi (Asli) 

GURIHNYA kaldu ayam dan wanginya aroma rempah, berpadu lezatnya suwiran ayam dan potongan telur rebus membuat  semangkuk Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (Asli), menjadi citarasa yang selalu dirindukan pencinta soto di Kota Bandung.

Soto pernah meraih penghargaan sebagai jajanan kaki lima (street food) terbaik di dunia versi World Street Food Contest 2013.

Khusus soto ayam ambengan ini  bukanlah makanan khas Kota Bandung namun berasal dari Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Meski demikian penggemar hidangan khas Jatim ini banyak penggemarnya

Berlokasi di Jalan Banda No 35 dan Jalan AH Nasution No 70, kehadiran Soto Ayam Ambengan Pak Sadi ini menambah keragaman wisata kuliner di Kota Bandung.

Soto ayam ambengan
Soto ayam ambengan (Tribun Jabar/Cipta Permana)

Satu porsi Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (Asli), terdiri dari suwiran daging ayam kampung yang masih segar, ditambah potongan ati, irisan telur rebus, telur muda ayam kampung, dan, sohun, serta dilengkapi taburan seledri dan koya spesial, yang diguyur kuah kental bening kekuningan.

Renyahnya kerupuk udang dan nasi panas, menjadi menu favorit sarapan dan makan siang juga malam bagi warga Kota Bandung.

Baca juga: Soto Sadang Lama, Kulliner Legendaris Purwakarta yang Tak Lekang oleh Waktu, Belum Ada Cabangnya

Manajer Soto Ambengan Pak Sadi (Asli) Bandung, Tiffany Aditya mengatakan, ciri khas dari Soto Ayam Ambengan Pak Sadi ini terletak pada bumbu rempah yang terjaga keaslianya. Ia menjamin rasa soto Pak Sadi di Bandung, otentik rasanya dengan di Surabaya.

"Soto ayam, dagingnya dari ayam kampung makanya selalu fresh. Istimewanya itu dari bumbu rahasia, ada rempah yang berbeda dengan yang lainnya. Itu yang menjadi ciri khas dari Soto Ambengan Pak Sadi ini," ujarnya saat ditemui TribunJabar.id di Gerai Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (Asli), Jalan Banda, Kota Bandung, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Ini Dia 3 Menu Soto Unik Yang Ada di Soto Mastarone

Selain suwiran daging ayam kampung yang gurih, isian soto pun lebih beragam dengan adanya jeroan ayam seperti hati dan ampela, hingga kulit ayam yang empuk.

Selain itu dari telur rebus dan telur ayam muda membuat rasa soto semakin komplit. Tersedia juga aneka sate dan gorengan, seperti sate paru, sate telur, hingga perkedel.

penyajian makanan di gerai Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (Asli), Jalan Banda, Kota Bandung,
penyajian makanan di gerai Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (Asli), Jalan Banda, Kota Bandung, (Tribun Jabar/Cipta Permana)

Selain soto ayam, menu favorit lainnya yaitu rujak cingur dan nasi pecel. Bahan-bahan yang digunakan di sini pun segar, sehingga sayur mayurnya kriuk ketika dikunyah di mulut.

Baca juga: 3 Jenis Soto Kaya Akan Rempah Di Mangkuk Pagi by Sambara

Salah seorang pengunjung Soto Ayam Ambengan Pak Sadi, Salma (29), warga Surabaya yang telah menetap di Kota Bandung mengaku, rasa soto ayam ambengan yang di sajikan di gerai Pak Sadi (Asli) di Kota Bandung selalu mampu mengobati kerinduannya terhadap kampung halaman.

soto ayam ambengan sebelum diberi kuah
soto ayam ambengan sebelum diberi kuah (Tribun Jabar/Cipta Permana)

"Daya tarik utama dari Soto Ayam Ambengan Pak Sadi ini terletak dari rempahnya. Rempah-rempahnya kerasa banget, dan sesuai dengan aslinya, jadi tiap kali saya kangen untuk pulang kampung, saya selalu ke sini," ujarnya saat ditemui di lokasi yang sama. (Tribun Jabar/Cipta Permana).

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved