Pendaki Gunung Ramai-ramai Booking Jalur Pendakian ke Gunung Ciremai, Ingin Rayakan HUT RI

Pembatasan itu sesuai surat edaran Bupati Kuningan yakni hanya dibolehkan 25 persen dari kapasitas.

TribunJabar
Gunung Ciremai dilihat dari objek wisata Gunung Hayu, Desa Randobawa Hilir, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan 

PARA pencinta alam dan pendaki gunung ramai-ramai memesan (booking) izin mendaki Gunung Ciremai untuk merayakan HUT Kemerdekaan Ke-76 RI di puncak gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut.

"Jelang hari kemerdekaan, tiga jalur pendakian yang ada di Kabupaten Kuningan sudah full booking hingga Senin (16/8/2021)," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Teguh Setiawan melalui sambungan selulernya kepada wartawan, Minggu (15/8/2021) siang.

Tiga jalur pendakian itu, kata dia ada berada di jalur Linggajati, Linggasana dan jalur pendakian Palutungan yang berada di Desa Cisantana, Cigugur, Kuningan.

Sejumlah pendaki Ciremai akan mendaki dari jalur Palutungan, Kabupaten Kuningan
Sejumlah pendaki Ciremai akan mendaki dari jalur Palutungan, Kabupaten Kuningan (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

"Untuk jalur pendakian di tiga lokasi itu full booking dan tidak mencapai kuota maksimum dari tiap-tiap jalur. Tapi TNGC sendiri membatasi kuota pendakian dari kapasitas yang ada.

Pembatasan itu sesuai surat edaran Bupati Kuningan yakni hanya dibolehkan 25 persen dari kapasitas. "Jadi untuk tiga jalur itu kita batasi sesuai aturan," ucapnya.

Baca juga: Ratusan Pendaki Pilih Jalur Pendakian Apuy di Majalengka untuk Mendaki Gunung Ciremai

Masing-masing jumlah pendaki untuk jalur pendakian Linggajati dari 230 pendaki perhari sekarang maksimal hanya 57 pendaki, Linggasana dari 218 hanya 54 dan Palutungan dari 497 hanya 124 pendaki perharinya.

Baca juga: Kuota untuk Mendaki Gunung Ciremai Hanya 130 Orang, Pendaki Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Tes Antigen

"Jalur pendakian Gunung Ciremai yang berada di Kabupaten Kuningan dibuka setelah pemerintah setempat membolehkan lokasi wisata kembali beroperasi, termasuk jalur pendakian dan perkemahan di kawasan TNGC," ujarnya.

Seorang pendaki diperiksa tekanan darahnya sebelum melakukan pendakian ke Gunung Ciremai via Apuy, Majalengka, Sabtu (15/5/2021)
Seorang pendaki diperiksa tekanan darahnya sebelum melakukan pendakian ke Gunung Ciremai via Apuy, Majalengka, Sabtu (15/5/2021) (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

Dia menjelaskan bahwa jalur pendakian Gunung Ciremai telah dibuka sejak 10 Agustus 2021.

Selain membatasi kuota pendakian, TNGC juga menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat misalnya pendaki wajib lolos uji kesehatan oleh tim kesehatan di tiap pos jalur pendakian jika ingin menuju puncak. (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Sumber: Tribun Cirebon

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved