Kang Emil Gemar Menyantap Ratatouille, Menurut Istrinya Makanan Ini untuk Tingkatkan Imun Tubuh

"Waktu saya pertama kali membuat langsung habis dimakan beliau Setelah itu, Kang Emil minta dimasakin lagi, bikin ketagihan"

Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman
Ratatouille buatan Atalia Praratya pada acara demo masak di Dapur Cantik Cosmo x Modena, Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Senin (16/8/2021). 

ATALIA Praratya, istri Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil membagikan rahasia makanan favorit suaminya  agar tetap sehat dimasa pandemi.

Atalia Praratya mengatakan, selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) waktunya lebih banyak di rumah, sehingga rutin membuatkan makanan favorit Kang Emil, sapaan akrab suaminya tersebut.

"Kang Emil (Ridwan Kamil) justru suka melihat dapur yang berantakan. Saya biasa memasak setelah subuh, suami dan anak-anak jadi senang," ujar Atalia, di sela kegiatan demo masak di Dapur Cantik Cosmo x Modena di kawasan Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Senin (16/8/2021).

Ratatouille hidangan asal Prancis
Ratatouille hidangan asal Prancis (Wikipedia)

Menu spesial yang menjadi kegemaran suami itu ialah ratatouille, salah satu menu masakan asal Prancis.

Dalam kegiatan demo masak itu, Atalia memperlihatkan cara memasak menu spesial berbahan sayur mayur. Tangan terampilnya lincah meracik bahan dan bumbu-bumbu ratatouille.

"Ratatouille itu jadi masakan kesukaan Kang Emil. Waktu saya pertama kali membuat langsung habis dimakan beliau Setelah itu, Kang Emil minta dimasakin lagi, bikin ketagihan," katanya.

Baca juga: Kopi Gununghalu yang Pernah Dapat Penghargaan di Paris, Prancis Belum Dipasarkan Secara Maksimal

Menurutnya ratatouille merupakan menu masakan yang sangat sehat karena menggunakan bahan baku aneka sayuran, mulai dari tomat, terong, mentimun, bawang bombay, dan lainnya.

Meski berasal dari luar negeri, kata dia, ratatouille bisa dibuat menggunakan bahan baku yang mudah didapatkan di pasar tradisional dan modern. Bahkan, cara memasaknya pun terbilang mudah.

"Ratatouille ini bahan bakunya sayuran, sehingga sangat baik untuk kesehatan karena kaya nutrisi dan kekinian," ucapnya.

Baca juga: Di Griya Hidroponik Cirebon Pengunjung Bisa Memanen Sendiri Sayuran dan Berswafoto dalam Rumah Hijau

Ratatouille juga, kata dia, sangat cocok disajikan untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi saat ini.

Branch Manajer Modena Cabang Bandung, Hermawan, mengatakan, selain mendukung kegiatan masak memasak di rumah, pihaknya juga mendukung pengembangan bisnis pelaku UMKM kuliner, salah satunya melalui program Dapur Masak.

Menurutnya, aneka sangat terampil menggunakan aneka peralatan masak dan lihai mengolah bahan masakan menjadi menu sajian istimewa.

Baca juga: Makan Sepuasnya Rp 10 Ribu di Kedai Kaki Gunung Ciremai, Menu Khas Sunda Plus Sayur Lodeh

"Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari Ibu Cinta dalam kegiatan ini. Semoga bisa berkolaborasi lagi," ujar Hermawan.

Sekadar diketahui ratatouille , adalah masakan yang berasal dari daerah Nice, Prancis. Oleh karena itu, dalam bahasa Prancis makanan ini umum disebut sebagai ratatouille nicoise.

Atalia Praratya saat memasak menu favorit suaminya, ratatouille pada acara demo masak di Dapur Cantik Cosmo x Modena,  Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Senin (16/8/2021).
Atalia Praratya saat memasak menu favorit suaminya, ratatouille pada acara demo masak di Dapur Cantik Cosmo x Modena, Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Senin (16/8/2021). (Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman)

Makanan ini adalah terdiri dari berbagai macam sayuran dan dedaunan seperti timi, daun salam, dan juga bisa diganti dedaunan lainnya, biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti.

Makanan yang terkenal berkat film animasi berjudul Ratatouille  ini bisa dikombinasikan sebagai makanan pembuka, sebagai saus untuk pasta, atau  dicampur omlet. (Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved