KAI Services Hadirkan Layanan Pembayaran Nomor Kursi KA Tanpa Uang Tunai di 8 Kereta Api Kelas Argo

"Untuk saat ini pembayaran dengan menggunakan QRIS dapat menggunakan ShopeePay dan akan diperluas dengan platform pembayaran digital lainnya"

PT KAI
Petugas KAI siap menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang kereta api 

MELAKUKAN transaksi sistem pembayaran dengan uang digital menjadi hal yang dipilih masyarakat saat ini.

Apalagi di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat  berbagai kegiatan jual beli hanya bisa dilakukan secara take away.

Untuk terus meminimalisir penularan Covid-19, berbagai macam upaya pun harus dilakukan meskipun hal ini tentu tidak pernah terpikiran sebelumnya.

Bertepatan dengan momen ulang tahun ke-18, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia, KAI Services mengembangkan layanan transaksi secara cashless di 8 perjalanan Kereta Api Kelas Argo.

Petugas PT KAI menerapkan protokol kesehatan saat bertemu penumpang
Petugas PT KAI menerapkan protokol kesehatan saat bertemu penumpang (PT KAI)

Plt. Direktur Utama KAI Services,  Tamsil Nurhamedi mengatakan tansaksi cashless ini terintegrasi dengan QR Code Indonesia Standard (QRIS).

"Untuk saat ini pembayaran dengan menggunakan QRIS dapat menggunakan ShopeePay dan akan diperluas dengan platform pembayaran digital lainnya," ujar Tamsil, Jumat (2/7/2021).

Pada fase awal, fasilitas pembayaran digital ini dikatakan Tamsil dapat digunakan di delapan kelas Argo.

Baca juga: Naik Kereta Api dari Bandung ke Plered Kemudian Sejenak Menikmati Lezatnya Sate Maranggi dan Sup Iga

Diantaranya adalah Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Argo Parahyangan, Argo Cheribon, Argo Muria, Argo Sindoro, Argo Lawu, dan Argo Dwipangga.

Namun tidak menutup kemungkinan akan diimplementasikan ke beberapa keberangkatan Kereta Api lainnya.

Melakukan pembayaran dengan transaksi digital dilakukan oleh KAI Services karena  sejalan dengan program Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menghadirkan transaksi nontunai dan minim kontak secara langsung.

Layanan cek tiket di KA kelas Argo
Layanan cek tiket di KA kelas Argo (Dok Humas PT KAI)

Hal ini pun dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik pada penumpang, agar  merasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

"Penyediaan pembayaran secara digital merupakan salah satu upaya kami untuk mengurangi kontak langsung dan memperketat disiplin protokol kesehatan di dalam Kereta Api, " ucapnya.

Baca juga: Objek Wisata di Karangresik Tasik Serasa Berada di Korea Selatan. Tiket Masuknya Hanya Rp 35.000.

Selain itu kerja sama ini diharapkan dapat menjadi solusi sekaligus mengubah kebiasaan masyarakat untuk beralih ke transaksi non-tunai.

Adanya transaksi non-tunai di perjalanan Kereta Api juga menjawab tantangan di era serba digital dan mempermudah bagi penumpang yang sedang tidak membawa uang tunai.

Baca juga: Kawasan Wisata Air Tanjung Duriat Sumedang, Tempat Tenang dan Nyaman, Tiket Masuk Terjangkau

Bagi para penumpang yang hendak melakukan pemesanan menu makanan sebelum perjalanan, KAI Services juga menyediakan fasilitas pre-order dari yang dapat diakses melalui aplikasi KAI Accsess atau Lokomart

Selain itu KAI Services juga memiliki lini bisnis baru yaitu LokoLife Urban Market dengan menargetkan para penumpang KRL. (tribun jabar/putri puspita)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved