Hadirkan Budaya Sunda dan Suasana Alam nan Syahdu di Wisata Alam Santosa, Cimenyan

"Kami memang berkeinginan menjadikan Alam Santosa tempat pilihan karena ingin melestarikan warisan karuhun Sunda"

Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung 

BANDUNG Raya memiliki banyak sekali wisata alam yang bisa memberikan kenyamanan dan kesegaran bagi kebugaran tubuh di tengah himpitan hiruk-pikuk kesibukan kota. Salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai di tengah alam adalah kawasan wisata Alam Santosa atau tepatnya Vila Alam Santosa.

Villa Alam Sentosa terdapat di kawasan wisata Alam Santosa, Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung yang memiliki arsitektur interior dan eksterior yang memiliki ciri khas budaya Sunda yang erat dan kental.

Alam Santosa memang dikenal sangat mengedepankan dan mengutamakan kekentalan tradisi Sunda yang sudah jarang sekali ditemukan saat ini sehingga akan memberikan efek pada pengunjung kepada nuansa zaman dulu.

Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung
Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Dari namanya, orang sudah tahu bahwa penggagas awal dari Alam Santosa adalah seorang tokoh Sunda yang sempat menduduki  jabatan Ketua DPRD Jabar dan sejumlah jabatan penting lainnya, yaitu Eka Santosa

Benda-benda dan aksesori di kawasan vila dan wisata Alam Santosa memiliki ciri khas dan unik, yaitu menyatu dengan alam dan diperkuat dengan alat-alat yang terdapat dalam pondok bergaya rumah panggung yang membuat nuansa alamnya begitu kuat. 

Baca juga: Makan Sepuasnya Rp 10 Ribu di Kedai Kaki Gunung Ciremai, Menu Khas Sunda Plus Sayur Lodeh

Menurut Wulan Astika, salah seorang staf Vila Alam Santosa, konsep vila wisata Alam Santosa mengandalkan potensi dari daerah setempat atau lebih dikenal dengan kearifan lokal. Salah satu contoh adalah tempat tidur yang menggunakan dipan kayu dengan dilapisi kapuk, dinding rumah terbuat dari anyaman bambu khas Kampung Naga, serta perlengkapan di kamar mandi yang menggunakan bebatuan

Baca juga: Ayam Kalasan Lezat yang Berpadupadan dengan Cita Rasa Khas Sunda, Tempatnya Nyaman

 “Hal ini dilakukan untuk mengajak para tamu benar-benar merasa berada di pedesaan dan menghadirkan rasa nyaman yang luar biasa. Pengunjung juga akan diajak untuk menyaksikan sunset dengan latar belakang Kota Bandung, bila cuaca sedang bersahabat," ucap Wulan saat ditemui di Vila Alam Santosa, beberapa waktu lalu.

Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung
Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Kawasan Wisata Alam Santosa juga menghadirkan aneka sajian dan kerajinan yang sangat khas. “Dengan budaya Sunda seperti bala-bala, sampeu goreng dan bakar, kopi dari biji-biji hasil tanam petani lokal, dan lain sebagainya. Begitu pun budaya yang erat kaitannya dengan ka-Sunda-an dihadirkan di sini,” ujar Wulan. (kemal setia permana)

Suara Alam yang Syahdu

WISATA  Alam Santosa di ketinggian Kawasan Bandung Utara, itu memang memberikan syarat mutlak sebagai kawasan yang menghadirkan pemandangan yang luar biasa.  Di malam hari, kerlap-kerlip lampu yang berada di bagian bawah memberikan nuansa pemandangan Kota Bandung malam hari yang elegan dan semakin menambah pesona kawasan wisata ini.

Baca juga: Menikmati Aneka Kuliner Khas Sunda Sambil Berwisata di Saung Bumdes Pangandaran

Begitu memasuki kawasan wisata yang berada di kaki Gunung Manglayang, ini suasana sejuk langsung terasa. Hawa alam pegunungan dengan gemericik air dan suara binatang-binatang hutan, terdengar begitu syahdu, seakan mengajak pengunjung untuk bersenda gurau atau berdendang ria. Pun suara jangkrik, tonggeret, kodok, burung dan lain-lain, terdengar bersahutan dengan irama yang khas menyerupai alunan nada memuji keagungan Sang Pencipta.  

Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung cocok untuk tempat melepas penat
Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung cocok untuk tempat melepas penat (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Ekowisata yang Eksotik

KAWASAN Wisata Alam Santosa berjarak sekitar 3 kilometer dari Jalan Raya AH Nasution (Ujungberung) yang memiliki luas mencapai 5 hektare.  Alam Santosa menawarkan ekowisata yang sudah jarang ditemukan di seputar Kota Kembang dimana pengunjung diajak untuk menyatu dengan alam.

Baca juga: Nikmatnya Makanan Khas Sunda Diracik dengan Kecombrang, Gimana Rasanya Ya?

Salah satu hal yang paling menarik di Alam Santosa adalah hadirnya kawasan hutan yang asri. Usut punya usut ternyata hutan ini adalah hutan buatan yang dibangun pendirinya, Eka Santosa, demi menjadikan area ini sebagai kawasan yang dipenuhi serapan air dan tidak mudah longsor atau banjir ke wilayah di bawahnya.

Pemandangan Kota Bandung dari Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung
Pemandangan Kota Bandung dari Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Terdapat pula pepohonan rimbun dan langka, areal persawahan berundak yang menyerupai pemandangan di Ubud, Bali, kolam pemancingan ikan, kawasan outbound di alam terbuka, kearifan lokal, makanan perdesaan, pengenalan adat dan istiadat masyarakat setempat, penampilan seni tradisional masyarakat setempat, melongok penambangan batu dan hasil olahannya, hingga menanam pohon dan panen tanaman padi yang akan menjadi sajian yang amat sangat jarang ada di tempat lain. 

Baca juga: Bosan Dengan Makanan Kekinian? Yuk Ke Warung Ayakan, Hadirkan Makanan Khas Otentik Sunda

"Dengan konsep sebagai ekowisata yang sangat berpihak pada alam dan kearifan lokal, Alam Santosa sangat cocok dijadikan tempat refreshing akhir pekan bersama keluarga atau rekan bisnis setelah disibukkan oleh berbagai rutinitas pekerjaan," kata Wulan.

Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung
Wisata Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Tak berlebihan memang jika berbagai sajian dan keindahan yang ditawarkan Alam Santosa, menjadikan kawasan ini bak surga tersembunyi di kawasan Bandung timur dan tamu akan merasakan bagaimana menawan dan eksotiknya Alam Santosa sebagai kawasan konservasi dan ekowisata.

"Kami memang berkeinginan menjadikan Alam Santosa tempat pilihan karena ingin melestarikan warisan karuhun Sunda yang luar biasa untuk kepuasaan pengunjung," katanya. (tribun jabar/kemal setia permana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved